Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik

Manalu, Rugun Josepita (2019) Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam Dalam Menyelenggarakan Pelayanan Publik. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (10MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja pegawai dan faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pegawai di Dinas kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam. Jenis penelitian yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang memaparkan atau menggambarkan segala peristiwa yang diperoleh di lapangan dan untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada berdasarkan data yang diperoleh, dan bertujuan untuk memberikan penjelasan dari variabel yang diteliti, dalam hal ini yaitu pengawai di Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil Kota Batam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara secara langsung kepada narasumber dan observasi langsung di lapangan dan data sekunder yang bersumber dari buku-buku, dokumen/catatan/laporan dan peraturan perundang�undangan yang berlaku. Narasumber dari penelitian ini yaitu Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, kasi Akta Kehiran, Pegawai atau Staff yang ada di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam serta masyarakat pengguna layanan. Dari Hasil penelitian diperoleh gambaran bahwa secara keseluruhan Kinerja Pagawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam terbilang belum cukup baik dalam memberikan pelayanan. Dilihat dari indikator pengukuran kinerja organisasi, yang meliputi Produktivitas, Kualitas Pelayanan, Responsitas, Responsibilitas, dan Akuntabilitas. Hal ini dibuktikan kurangnya Sumber Daya Manusia yang tidak mendukung Kinerja Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam dalam menangani tingginya permintaan pembuatan Akta Kelahiran. Hal ini diperkuat dengan kondisi sarana yang tidak cukup memadai untuk menunjang proses pelayanan Akta Kelahiran, masih terdapat keluhan-keluhan masyarakat terhadap layanan yang diberikan. Jadi dari segi Produktivitas pegawai dapat dikatakan kurang Berkualitas karena beberapa penempatan pengawai yang tidak sesuai denagan keahliannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Pegawai, Pembuatan Akta Kelahiran: Employee Performance, Making Birth Certificate
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352.14 Administrasi Lokal, Provinsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:32
Last Modified: 14 Oct 2023 02:32
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4726

Actions (login required)

View Item View Item