Pengaruh Produk, Suku Bunga dan Promosi terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Pegadaian (Persero) di Kota Batam

Tambunan, Rita Handayani (2018) Pengaruh Produk, Suku Bunga dan Promosi terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Pegadaian (Persero) di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (14MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Di zaman sekarang ini masyarakat masih banyak menggunakan jasa rentenir dari pada harus ke lembaga keuangan seperti pegadaian dikarenakan menurut kebanyakan masyarakat meminjam uang kepada rentenir cukup mudah hanya bermodalkan kepercayaan. Didalam pegadaian ada bermacam macam produk salah satunya kredit, ketika nasabah melakukan kredit pasti pasti ada nasabah yang mengalami kredit macet, Promosi merupakan unsur penting dalam suatu bauran pemasaran, dimana baik buruknya suatu produk dan bagaimana promosi yang dilakukan oleh koperasi terhadap nasabah akan membawa pengaruh bagi kelangsungan hidup pegadaian yang akan dating. Adapun promosi yang dilakukan pegadaian agar nasabah selalu senang dengan inovasi dan akan terciptanya kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Produk, Suku Bunga dan Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan. Penelitian ini dilakukan di PT Pegadaian (Persero) Cabang Batu Aji Batam yang berlokasi di Komp. Pasar Melayu, Jl. Letjend Suprapto, Bukit Tempayan, Batu Aji, Kota Batam, Kepulauan Riau. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 399 orang yang diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 28 indikator. Penelitian ini dapat menganalisis data menggunakan SPSS (Statistical Social Scence Program), yang merupakan perangkat lunak IBM SPSS Statistics 20. Hasil uji F menunjukkan bahwa produk, suku bunga, dan promosi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Dan hasil uji hipotesis pertama bahwa produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan Nasabah, hipotesis kedua adalah bahwa suku bunga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hipotesis ketiga adalah promosi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Hipotesis keempat adalah Produk, Suku Bunga dan Promosi, secara simultan atau bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah PT Pegadaian (Persero) di kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk, Tingkat bunga, Promosi dan kepuasan Nasabah: Product, Interest Rate, Promotion and Customer satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 09 Oct 2023 08:23
Last Modified: 09 Oct 2023 08:23
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4220

Actions (login required)

View Item View Item