Syavitri, Novi (2022) Peran Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam Penanganan Dampak Covid-19 bagi Umkm Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (447kB) | Request a copy |
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha berbasis masyarakat yang dapat meningkatkan pendapatan dan pemerataan ekonomi masyarakat, serta kesempatan kerja yang selama bertahun-tahun telah memegang lebih dari 50 persen kontribusi terhadap PDB Indonesia. Meskipun dikatakan sebagai sektor usaha yang tahan banting dan prospektif, namun nyatanya UMKM tidak terlepas dari dampak Pandemi Covid-19. Melalui Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, dibutuhkan peran dari pemerintah dalam melakukan pemulihan ekonomi kembali melalui kegiatan UMKM yang sempat melesu akibat terpaan pandemi Covid-19. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seperti apa peran dari Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam Penanganan Dampak Covid-19 Bagi UMKM Kota Batam sehingga kegiatan UMKM sehingga dapat pulih serta bangkit kembali ditengah pandemi Covid-19 ataupun pasca pandemi yang terjadi saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dalam Penanganan Dampak Covid-19 Bagi UMKM, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam berperan sebagai tiga hal yakni sebagai regulator, fasilitator, dan katalisator. Dalam ketiga perannya, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Batam telah menjalankan perannya dengan baik. Meski demikian, terdapat faktor-fakor yang mempengaruhi Dinas Koperasi dan Usaha Mikro dalam Penanganan Dampak Covid-19 Bagi UMKM Kota Batam. Adapun yang menjadi faktor pendorong diantaranya; (1) ketersediaan sarana dan prasarana, berupa gedung PLUT-KUMKM; (2) ketersediaan anggaran; (3) kemitraan, yakni dilakukannya kerjasama dengan beberapa pihak diantaranya Pt. Telkom, Akademi Melayu, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi, Bea Cukai, perbankan, Association of The Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA), Perhimpunan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI), dan Bank Jatim; dan (4) partisipasi dari masyarakat. Sedangkan beberapa hal yang menjadi faktor penghambat diantaranya; adanya kebijakan tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM); sumber saya yang terbatas; dan tidak lengkapnya dokumen pelaku UMKM
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peran Pemerintah, UMKM, Pandemi Covid-19:Role of government, MSMEs, Covid-19 Pandemic |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 651 Layanan Kantor |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 02 Jun 2023 03:46 |
Last Modified: | 02 Jun 2023 03:46 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3107 |
Actions (login required)
View Item |