Implementasi Program E-Filing dalam Upaya Peningkatan Kualitas E-Government Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan

Simatupang, Kristin Angelina (2022) Implementasi Program E-Filing dalam Upaya Peningkatan Kualitas E-Government Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (863kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy

Abstract

Pajak Merupakan Komponen Penting Dalam Perekonomian Suatu Negara Karena Merupakan Sumber Utama Penerimaan Negara Dan Mempunyai Pengaruh Yang Cukup Besar Jika Terjadi Perubahan. Tentu Saja Wajib Pajak Memiliki Kewajiban Untuk Menyetor Dan Melaporkan SPT. Akan Tetapi Dari Kejadian Yang Ditemui, Masih Banyak Wajib Pajak Yang Kesulitan Beradaptasi Dengan Pelaporan Online Melalui Program E-Filing. Beberapa Masih Memilih Untuk Datang Langsung Ke Kantor Pajak Untuk Melaporkan SPT Melalui E-Filing Dengan Bantuan Petugas Kantor Pajak. Ini Sangat Mempengaruhi Peningkatan Kualitas E-Government Di KPP Pratama Batam Selatan. Pelaporan SPT Melalui Program E-Filing Untuk Meningkatkan Kualitas E-Government Dinilai Belum Sepenuhnya Efektif, Dilihat Dari Wajib Pajak Yang Memilih Datang Langsung Ke Kantor Pajak Dari Pada Menghubungi Pihak Kantor Pajak Melalui Media Sosial Seperti Whatsapp Dan Juga Email. Dari Penelitian Yang Dilakukan Penyebab Hal Ini Terjadi Juga Bermacam Macam. Pelaksanaan Pelaporan SPT Melalui E-Filing Yang Dilaksanakan KPP Pratama Batam Selatan Merupakan Program Yang Dibuat Oleh Direktorat Jenderal Pajak Untuk Meningkatkan Kualitas E-Government Dengan Cara Pelayanan Secara Online. Penelitian Ini Bertujuan Untuk Menganalisis Implementasi Program E Filing Dalam Upaya Peningkatan Kualitas E-Government Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan Dan Untuk Menganalisis Faktor Pendukung Dan Penghambat Implementasi Program E-Filing Dalam Upaya Peningkatan Kualitas E-Government Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan. Penelitian Ini Mengunakan Metode Kualitatif Dengan Pendekatan Deskriptif, Untuk Dapat Mendeskripsikan Dan Memberikan Pemahaman Yang Sangat Jelas Serta Mendalam. Hasil Dari Penelitian Ini Yaitu Implementasi Program E-Filing Dalam Upaya Peningkatan Kualitas E-Government Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan Sudah Cukup Baik Namun Masih Terdapat Beberapa Hambatan Seperti Kurangnya Sumber Daya, Kurangnya Komunikasi Dan Kurangnya Sikap (Disposisi). Dengan Begitu Diharapkan Setelah Mengetahui Hambatan Saat Pengimplementasian Program E-Filing Ini Dapat Segera Ditangani Agar Program E-Filing Dapat Berjalan Efektif Dan Efisien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kebijakan, E-Filing, E-Government, Implementasi.:Policy, E-Filing, E-Government, Implementation
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 336.24 Pajak Pendapatan, Pajak Penghasilan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 17 Dec 2022 07:56
Last Modified: 17 Dec 2022 07:56
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2550

Actions (login required)

View Item View Item