Marpaung, Chindy Marina Clara (2021) Analisis Pola Pembelian Konsumen Menggunakan Algoritma Apriori Pada AL Barokah Mart. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (798kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat, begitu juga dengan minimarket yang mudah ditemukan di kota besar maupun pedesaan. Penjualan menggunakan mesin kasir dan aplikasi yang memudahkan penjual dalam bertransaksi. Al Barokah Mart adalah salah satu minimarket yang menggunakan sistem penjualan barang secara komputerisasi. Pengambilan data dilakukan melalui tahap wawancara, observasi tempat penelitian serta penarikan data transaksi penjualan dari sistem aplikasi kasir dengan metode algoritma apriori. Penelitian ini bertujuan untuk mengubah data transaksi penjualan menjadi pengetahuan yang baru dan berharga. Selain itu, guna mendapatkan pola pembelian konsumen dalam transaksi. Pembelian item barang yang sering diambil secara bersamaan membuat penulis ingin mencari apa saja item tersebut guna memudahkan pihak minimarket mengatur tata letak dan pengadaan stok barang. Pada penelitian ini penulis telah mengumpulkan data transaksi kemudian mengambil data secara acak, membuat tabulasi data, memilah data dengan menentukan nilai minimum support dan confidence kemudian diuji kebenarannya menggunakan aplikasi data mining dengan metode algoritma apriori. Setelah proses pengujian, ditemukan hasil tertinggi nilai support 12,24% dan nilai confidence 92,31% adalah Jajanan snack, Mancis, Rokok. Penerapan algoritma apriori pada data transaksi penjualan sangat berguna dan efesien dalam proses pembentukan kombinasi antar item. Dengan penerapan metode ini tata letak barang lebih selektif dan pengadaan barang diperbaharui setelah mengetahui hasil dari pengujian sistem
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Data Mining, Aturan Asosiasi, Algoritma Apriori, Minimarket, Association Rules, Apriori Algorithm, Minimarket |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.73 Struktur Data 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.74 Data File-file dan Database, Pangkalan Data, Pusat Data 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika > 518.1 Algoritma |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Melsa Melsa |
Date Deposited: | 16 Sep 2021 07:14 |
Last Modified: | 16 Sep 2021 07:14 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1125 |
Actions (login required)
View Item |