Perancangan Game Konsentrasi untuk Penyandang Disabilitas Berbasis Android

Arriyanto, Ahmad Iqbal (2025) Perancangan Game Konsentrasi untuk Penyandang Disabilitas Berbasis Android. Skripsi thesis, Program Studi Teknik Informatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (496kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (306kB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (665kB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (834kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (518kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (278kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (248kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kemajuan dalam tekonologi digital yang terus berkembang setiap harinya secara pesat membuka peluang besar untuk menciptakan alat pembelajaran yang inovatif dan bisa dipakai oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak disabilitas. Anak anak disabilitas sering mengalami kesulitan konsentrasi saat kegiatan belajar disekolah, sehingga diperlukannya pendekatan yang tepat dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan game edukatif berbasis android yang bisa membantu meningkatkan konsentrasi anak-anak disabilitas. Dengan menggunakan media permainan yang interaktif dan menyenangkan. Metode yang digunakan untuk merancang permainan adalah Metode Game Development Life Cycle (GDLC), yang terdiri dari lima Langkah utama yaitu, Inisiasi, Pra-Produksi, Produksi, Pengujian, dan rilis. Untuk membuatan Tools-tools yang digunakan dalam perancangan permainan ini yaitu, Unity sebagai Game Engine nya, Visual Studio Code sebagai Source Code Editornya, permainan dibuat menggunakan bahasa pemrograman C#, dan untuk desain grafis nya menggunakan aplikasi Inkscape. Permainan ini terdiri dari beberapa Level dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda di setiap levelnya, dan dilengkapi dengan elemen interaktif seperti misi mengumpulkan huruf, system penilaian, batas waktu, dan di tambah dengan item-item pendukung seperti item penambah waktu, dan item bomb. Pengujian permainan menggunakan Metode Black Box dan kuisioner. Hasil dari pengujian ini menunjukkan bahwa semua fungsi dalam game berjalan dengan baik sesuai dengan rencana pengujian. Dan hasil dari uji kuisioner mayoritas menunjukkan nilai positif dari responden. Secara keseluruhan, game edukatif ini berhasil dirancangan dan dikembangkan sesuai dengan tujuan awal, yaitu menjadi media pembelajaran interaktif yang dapat meningkatkan konsentrasi anak-anak disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Disabilitas, Game, Konsentrasi, GDLC, UML: Disabilities, Game, Concentration, GDLC, UML
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 08 Nov 2025 06:30
Last Modified: 08 Nov 2025 06:30
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6917

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year