Pengaruh Sosial Media Marketing, Online Customer Review dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Jiniso.Id pada Tiktok Shop di Kota Batam

Simamora, Anita Romauli (2025) Pengaruh Sosial Media Marketing, Online Customer Review dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Jiniso.Id pada Tiktok Shop di Kota Batam. Skripsi thesis, Program Studi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (733kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (490kB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (456kB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (507kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (548kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (313kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (212kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosial media marketing, online customer review, dan brand image terhadap keputusan pembelian pada akun Jiniso.id di platform TikTok Shop di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen yang pernah melakukan pembelian produk Jiniso.id melalui TikTok Shop, dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang yang diperoleh melalui teknik purposive sampling dan perhitungan menggunakan rumus Lemeshow. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, serta uji t dan uji F untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian dari analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa sosial media marketing berpengaruh sebesar 22,6% terhadap keputusan pembelian, online customer review memberikan kontribusi sebesar 34,3%, dan brand image memiliki pengaruh sebesar 30,0%. Dari analisis koefisien determinasi (R2) secara keseluruhan, sosial media marketing, online customer review, dan brand image menjelaskan 78,3% variasi dalam keputusan pembelian konsumen. Uji t dan uji F menunjukkan bahwa masing-masing variabel 78,3% berpengaruh positif dan signifikan, baik secara parsial maupun simultan, terhadap keputusan pembelian produk Jiniso.id di TikTok Shop.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand Image, Keputusan Pembelian, Online Customer Review, Sosial Media Marketing: Brand Image, Online Customer Review, Purchase Decision, Social Media Marketing.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 Oct 2025 04:06
Last Modified: 31 Oct 2025 04:06
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6874

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year