Pengaruh Brand Positioning, Brand Image dan Brand Trust terhadap Repurchase Intention Pengguna Bus Trans Batam

Amelia, Sheza (2025) Pengaruh Brand Positioning, Brand Image dan Brand Trust terhadap Repurchase Intention Pengguna Bus Trans Batam. Skripsi thesis, Program Studi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (437kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand positioning, brand image, dan brand trust terhadap repurchase intention pada pengguna Trans Batam. Seiring dengan pesatnya perkembangan kota, kebutuhan akan transportasi umum yang terjangkau, efisien, dan nyaman semakin meningkat. Trans Batam sebagai salah satu sistem transportasi utama di Kota Batam berupaya memenuhi kebutuhan tersebut melalui layanan dan fasilitas yang disediakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dibagikan kepada 100 responden yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner online, dan analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 31. Proses analisis mencakup uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial, brand positioning dan brand trust tidak berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention. Sementara itu, brand image memiliki pengaruh signifikan namun negatif terhadap repurchase intention. Secara simultan, ketiga variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap repurchase intention pengguna Trans Batam. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 6,5% menunjukkan bahwa ketiga variabel independen hanya mampu menjelaskan sebagian kecil variasi dalam repurchase intention, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Temuan ini memberikan implikasi bagi pengelola Trans Batam untuk lebih memperhatikan persepsi masyarakat dan meningkatkan cara penyampaian brand image guna mendorong minat beli ulang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Brand Positioning, Brand Image, Brand Trust, Repurchase Intention: Brand Positioning, Brand Image, Brand Trust, Repurchase Intention
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 30 Oct 2025 02:17
Last Modified: 30 Oct 2025 02:17
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6817

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year