Komunikasi Internal Departemen Sales Marketing Dan Departemen Front Office The Hills Hotel Batam Dalam Menghadapi Konflik Organisasi

Novitasari, Novitasari (2021) Komunikasi Internal Departemen Sales Marketing Dan Departemen Front Office The Hills Hotel Batam Dalam Menghadapi Konflik Organisasi. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu elemen penting dalam organisasi. Komunikasi yang baik antar anggota organisasi membantu organisasi mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Meskipun demikian, dalam penyampaiannya terdapat hambatan yang mengganggu komunikasi itu sendiri. Salah satu hambatan dalam penyampaian komunikasi adalah faktor individual yaitu kelalaian dalam penyampaian informasi oleh individu. Hambatan tersebut menyebabkan terjadinya konflik di organisasi sehingga dibutuhkannya manajemen konflik untuk mengatasi permasalahan komunikasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses manajemen konflik antara Departemen Sales Marketing dan Front Office di The Hills Hotel Batam yang terdiri dari proses identifikasi masalah, klasifikasi masalah, serta analisis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konflik terjadi akibat komunikasi yang kurang efektif sehingga menyebabkan terhambatnya pekerjaan. Manajemen konflik yang dilakukan adalah mengidentifikasi masalah yaitu adanya miskomunikasi dalam penyampaian pesan. Hal tersebut menunjukkan permasalahan yang ada terjadi akibat kurang baiknya koordinasi antara Departemen Sales Marketing dan Front Office. Penyelesaian konflik dilakukan dengan kolaborasi, yaitu pihak yang berkonflik bersama-sama mencari solusi dan mediasi, yaitu pihak manajemen yang mengambil keputusan dalam penyelesaian konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Organisasi, Konflik Organisasi, Manajemen Konlik, COnflict Management, Organizational Communication, Organizational Conflict
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.2 Komunikasi
300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.3 Interaksi Sosial dalam Kelompok
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.1 Manajemen Organisasi
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.402 Manajemen Organisasi Internal
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.405 Negosiasi, Manajemen Konflik, Manajemen Krisis
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Melsa Melsa
Date Deposited: 19 May 2021 07:54
Last Modified: 19 May 2021 07:54
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/660

Actions (login required)

View Item View Item