Saputra, Juan (2024) Implementasi Finite State Machine dalam Game Edukasi Bahasa Jepang. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (392kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (935kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi memungkinkan orang-orang terpampang dengan budaya dari Negara Jepang, baik dari aspek fesyen, kuliner, seni, dan bahasa, pengaruh ini membuat ketertarikan warga Indonesia untuk belajar bahasa jepang pun meningkat dengan pesat, namun tidak dapat dipungkiri bahwa tidak banyak sekolah memiliki mata pelajaran Bahasa Jepang dalam kurikulumnya, sehingga para murid harus mencari sumber belajar lain melalui tempat les atau kursus, dan tidak hanya itu, dengan metode belajar tradisional, sebagian besar murid mudah merasa jenuh ketika belajar dengan membaca buku, sehingga dibutuhkan metode belajar yang lebih santai dan menarik. Solas School of Languages merupakan salah satu tempat kursus yang terdapat di Batam, mengajar berbagai macam bahasa dalam kelasnya, salah satunya Bahasa Jepang. Penelitian ini bertujuan mengimplementasikan metode finite state machine ke dalam sebuah game jenis visual novel edukasi Bahasa Jepang berbasis Android, yang kemudian akan dirancang menggunakan Ren’Py, metode tersebut akan diimplementasikan dalam bentuk perubahan ekspresi dari karakter NPC dalam game, yang kemudian hasil penelitian ini berupa sebuah game edukasi bahasa jepang yang telah diimplementasikan finite state machine di dalamnya, tampilan sistem yang terdapat di dalamnya, serta data yang diambil langsung dari murid-murid yang belajar Bahasa Jepang di Solas School of Languages. Dengan demikian, diharapkan dapat membuktikan bahwa metode belajar menggunakan game lebih menarik dan membantu guru-guru mengajar muridnya Bahasa Jepang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game, Visual Novel, Finite State Machine, Android, Ren’Py :Game, Visual Novel, Finite State Machine, Android, Ren’Py |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.5 Program Aplikasi dengan Kegunaan Khusus |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 02 Nov 2024 02:47 |
Last Modified: | 02 Nov 2024 02:47 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6469 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year