Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Akuntansi

Tobing, Ridho Martua Yehezkiel Lumban (2024) Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Jurusan Akuntansi. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (407kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Dalam dunia pendidikan, terdapat banyak faktor yang dapat membantu mahasiswa untuk memahami materi pelajaran akuntansi yang diajarkan oleh pengajar. Penelitian ini meneliti bagaimana pengaruh kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan minat belajar mempengaruhi pemahaman akuntansi di Universitas Riau Kepulauan, Universitas Internasional Batam, Universitas Ibnu Sina, Universitas Batam dan Universitas Universal. Populasi penelitian penelitian ini terdapat 1.475 siswa dalam penelitian, dan informasi dikumpulkan melalui survei online menggunakan Google Forms. Sampel sebanyak 165 responden dipilih menggunakan purposive sampling dengan rumus slovin. Item kuesioner dievaluasi menggunakan skala Likert, dan data dianalisis dengan IBM SPSS Versi 25. Penelitian ini melibatkan statistik deskriptif, uji validitas-reliabilitas, asumsi klasik, regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis secara parsial dan simultan. Temuan menunjukkan bahwa kecerdasan emosional secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman akuntansi, sedangkan kecerdasan intelektual dan minat belajar secara parsial mempunyai pengaruh yang cukup besar terhadap pemahaman akuntansi. Bersama-sama, ketiga elemen tersebut secara kolektif memengaruhi pemahaman akuntansi. Nilai Adjusted R Squared sebesar 28,6% menunjukkan bahwa pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, dan minat belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Intelektual, Minat Belajar dan Pemahaman Akuntansi.: Emotional Intelligence; Intellectual Intelligence; Learning Interest; Accounting Comprehension
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.0285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Akuntansi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 09 Oct 2024 02:36
Last Modified: 09 Oct 2024 02:36
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6283

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year