Hussudur, Aldie Misbah (2023) Implementasi Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Aksara Arab Melayu Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (392kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (504kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang beragam, salah satunya adalah aksara atau tulisan asli dari daerah-daerah di Indonesia. Namun, saat ini aksara tersebut memerlukan perhatian khusus karena terancam punah akibat keterbatasan data dan informasi. Fungsi aksara sudah tidak lagi digunakan sebagai media komunikasi seperti dulu. Pembelajaran mengenai aksara arab melayu sebelumnya dilakukan melalui media cetak atau buku, yang memerlukan waktu dan tenaga yang cukup banyak untuk dipelajari. Dalam era kecanggihan teknologi seperti sekarang, metode pembelajaran tersebut dianggap kurang menarik terutama bagi generasi milenial. Aksara arab melayu merupakan bagian dari kebudayaan yang berasal dari Provinsi Riau dan telah menyebar di beberapa wilayah Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan dan kelestariannya perlu dijaga agar tetap hidup dalam semua generasi. Solusi yang diusulkan untuk mengatasi permasalahan ini adalah melalui teknologi Augmented Reality. Augmented Reality merupakan bidang penelitian komputer yang menggabungkan data komputer grafis 3D dengan dunia nyata. Teknologi ini tidak sepenuhnya menggantikan kenyataan, namun menambahkan atau melengkapi kenyataan yang ada. Aplikasi Augmented Reality yang dibangun menggunakan Unity dan library Vuforia mampu menampilkan citra dalam bentuk 3 dimensi ke dalam lingkungan nyata dengan bantuan marker dan smartphone Android. Dengan menggunakan Augmented Reality, tujuan dari aplikasi ini adalah untuk mengenalkan aksara Arab Melayu dan melestarikan kekayaan budaya Melayu melalui cara yang lebih menarik dan relevan dengan perkembangan teknologi saat ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aksara Arab Melayu, Augmented Reality, Marker, Vuforia, Android: Malay Arabic script, Augmented Reality, Marker, Vuforia, Android |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004.11 Komputer Digital; Super Komputer |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 09:27 |
Last Modified: | 05 Nov 2024 03:55 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5819 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year