Pengaruh Komitmen, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Komunikasi terhadap Loyalitas Nasabah pada PT BPR Dana Nusantara Cabang Nagoya di Kota Batam

Trifiya, Cessy (2019) Pengaruh Komitmen, Kepercayaan, Kualitas Pelayanan dan Komunikasi terhadap Loyalitas Nasabah pada PT BPR Dana Nusantara Cabang Nagoya di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (859kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (600kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dibidang perbankan telah memasuki masa kebangkitan dari keterpurukan setelah krisis ekonomi. Kemajuan ditunjukkan melalui jumlah dana yang mampu diserap dari masyarakat dan disalurkan kembali kemasyarakat terus meningkat. Di samping mengalami peningkatan jumlah dana, bidang keuangan juga terus bertumbuh dalam jumlah nasabah, hal ini tentunya tidak terlepas dari komitmen bidang perbankan terhadap nasabahnya, kepercayaan nasabah itu sendiri terhadap sebuah bank yang dipilih dalam melakukan transaksi. Komunikasi yang baik dapat membawa suasana nyaman disetiap transaksi yang dilakukan. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh komitmen, kepercayaan, kualitas pelayanan dan komunikasi terhadap loyalitas nasabah pada PT BPR Dana Nusantara Cabang Nagoya di Kota Batam. Metode yang digunakan kuantitatif kausalitas dengan analisis regresi linear berganda. Hasil menunjukkan, bahwa komitmen berpengaruh positif sebesar 0,413 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,412 > t tabel 1,654 terhadap loyalitas nasabah. Kepercayaan berpengaruh positif sebesar 0,361 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,625 > t tabel 1,654 terhadap loyalitas nasabah. Kualitas pelayanan berpengaruh positif sebesar 0,248 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,592 > t tabel 1,654 terhadap loyalitas nasabah. Komunikasi berpengaruh positif sebesar 0,303 dan hasil nilai signifikan pada uji t sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 4,256 > t tabel 1,654 terhadap loyalitas nasabah. Kemudian secara simultan komitmen, kepercayaan, kualitas pelayanan dan komunikasi berpengaruh signifikan terhadap loyalitas nasabah, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung 65,584 > .F tabel 3,05. Simpulan, bahwa komitmen manajemen perusahaan sangat penting agar nasabah percaya untuk menginvestasikan dananya. Selain itu, kualitas pelayanan juga penting dan menjalin komunikasi dua arah, yakni pihak manajemen perusahaan dengan nasabah PT BPR Dana Nusantara Cabang Nagoya di Kota Batam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Komitmen, kepercayaan, kualitas pelayanan, komunikasi, loyalitas nasabah: Commitment, trust, service quality, communication, customer loyalty
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.3 Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 27 Oct 2023 12:20
Last Modified: 27 Oct 2023 12:20
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5311

Actions (login required)

View Item View Item