Mulindra, Aprial (2019) Analisis Kualitas Pelayanan Jasa pada Apotek Swasta di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (11MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Apotek Vitka Farma Aviari merupakan salah satu sarana layanan jasa di Kota Batam yang yang menyediakan obat-obatan, alat kesehatan, dan menyediakan produk kebutuhan sehari-hari seperti makanan ringan, kosmetik, perlengkapan mandi dan lain-lain. Pada Apotek Vitka Farma Aviari ditemukan beberapa keadaan yang akan mengakibatkan penilaian negatif dari para pelanggan, seperti kondisi lantai apotek yang tidak bersih, petugas jaga tidak berpakaian seragam, dan suhu ruangan apotek terasa panas. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan analisa kualitas pelayanan dan menentukan atribut pelayanan yang dianggap penting oleh para pelanggan untuk segera dilakukan perbaikan. Metode analisa yang digunakan adalah metode Service Quality (SERVQUAL) dan metode Importance Performance Analysis (IPA) dengan cara pengutipan kuesioner berdasarkan 5 dimensi SERVQUAL yaitu Tangible (Bukti Fisik), Reliability (Kehandalan), Responsiveness (Daya Tanggap), Assurances (Jaminan) dan Emphaty (Empati) secara langsung dari responden yang berbelanja langsung di apotek tersebut. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode SERVQUAL diketahui bahwa pelayanan yang diberikan oleh apotek tersebut masih belum memuaskan. Dari hasil analisis dengan menggunakan metode IPA diketahui bahwa terdapat 5 atribut pelayanan yang harus menjadi prioritas utama dan sesegera mungkin dilakukan perbaikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan apotek tersebut, yaitu Penampilan karyawan, Kebersihan gedung, Kelengkapan produk yang tersedia, Petugas kasir memberikan nota bukti pembayaran, dan Petugas menjaga rahasia pelanggan yang membeli obat atau pelanggan yang berkonsu
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Apotek, Service Quality (SERVQUAL), Importance Performance Analysis (IPA): Pharmacy, Service Quality (SERVQUAL), Importance Performance Analysis (IPA) |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 610-619 Ilmu Kedokteran dan Ilmu Pengobatan > 613.62 Industri Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 12:40 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 12:40 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5174 |
Actions (login required)
View Item |