Sarifah, Sarifah (2019) An Analysis of Directive Speech Act in “Fantastic Beasts and Where to Find Them” Movie: Pragmatics Approach. Skripsi thesis, Prodi Sastra Inggris.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (649kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (601kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitan ini adalah penelitian pragmatik yang mengkaji tentang tindak tutur direktif. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan tipe-tipe tindak tutur direktif pada film Fantastic Beasts and Where to Find Them dan faktor yang memengaruhi penutur dalam menggunakan tindak tutur direktif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi (Sudaryanto, 2015) dengan teknik simak libat bebas cakap. Dalam analisis, penelitian menggunakan metode padan pragmatik (Sudaryanto, 2015). Tipe-tipe tindak tutur direktif dianalisis menggunakan teori dari Kreidler (1998) dan menggunakan teori dari Ervin-Tripp (1967) untuk faktor yang memengaruhi penutur menggunakan tindak tutur direktif. Selanjutnya metode yang digunakan untuk menghasilkan analisis adalah metode informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindak tutur direktif yang banyak digunakan dalam film Fantastic Beasts and Where to find Them adalah tindak tutur perintah. Kemudian faktor yang paling banyak digunakan penutur dalam menggunakan tindak tutur directif adalah faktor fungsi interaksi partisipan. Meskipun demikian, tidak ditemukan satu faktor yang digunakan penutur dalam menggunakan tindak tutur direktif yaitu topik pembahasan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tindak tutur, direktif, film: Speech act, directive, movie |
Subjects: | 800 Kesusastraan > 820-829 Kesusastraan Inggris > 820 Kesusastraan Inggris |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sastra Inggris |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 06:47 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 06:47 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5114 |
Actions (login required)
View Item |