Kurniati, Vivi (2019) Aksesibilitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Bagi Masyarakat Hinterland (Studi Kasus Kecamatan Galang Kota Batam). Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (12MB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
Abstract
Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar dan menyebar di seluruh bagian wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kendala dalam mengakses pelayanan publik yang dihadapi masing-masing kelompok masyarakat berbeda-beda, termasuk kendala yang dihadapi oleh masyarakat yang tinggal di pulau-pulau terpencil seperti yang terdapat di Kota Batam. Peningkatan jumlah penduduk Kota Batam yang cukup signifikan setiap tahunnya tentunya berimplikasi juga pada meningkatnya kebutuhan akan pelayanan publik di Kota Batam termasuk pelayanan di bidang administrasi kependudukan. Pelayanan administrasi kependudukan menjadi kebutuhan yang vital bagi setiap warga negara karena sebagai identitas kependudukan yang menunjukan bahwa bersangkutan mempunyai kejelasan status yang mempunyai kekuatan hukum tetap Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan aksesibilitas pelayanan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan Galang, Kualitas pelayanan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan Galang serta faktor yang mempengaruhi pelayanan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan Galang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aksesibilitas pelayanan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan Galang masih rendah dan perlu ditingkatkan. Kualitas pelayanan sudah baik, tetapi standar pelayanan masih perlu ditingkatkan. Faktor pendukung pelayanan administrasi kependudukan yaitu kompetensi pegawai, faktor organisasi dan faktor kesadaran masyarakat. Faktor penghambat pelayanan administrasi kependudukan yaitu kurangnya jumlah pegawai, sarana dan prasarana yang kurang. Peran pemerintah dalam meningkatkan aksesibilitas pelayanan administrasi kependudukan di kantor Kecamatan Galang Kota Batam sudah cukup baik, tetapi perlu ditingkatkan lagi pelaksanannya sehingga lebih efektif dan efisien
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aksesibilitas; Pelayanan Administrasi Kependudukan; Kecamatan Galang: Accessibility; ID Card Service; Galang District |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 352.14 Administrasi Lokal, Provinsi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 14 Oct 2023 03:22 |
Last Modified: | 14 Oct 2023 03:22 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4734 |
Actions (login required)
View Item |