Sarmili, Devan Supriali (2018) Perancangan Game Edukasi Puzzel dan Quiz “Candi Candi di Indonesia” untuk Memperkenalkan Kepada Anak Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (941kB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kurangnya media pendukung dalam proses belajar mengajar terutama untuk mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) materi candi-candi di Indonesia, di sebabkan kebanyakan dalam pembelajaran adalah teori dan kebanyakan guru hanya melakukan ceramah atau bercerita saat menyampaikan materi kepada anak-anak mengunakan buku sebagai pedoman. Dalam proses pembelajaran biasanya hanya menggunakan model menghafal dengan cara membaca buku. Cara belajar inilah yang membuat anak cepat menjadi jenuh dan bosan hingga akhirnya mengajak temannya untuk mengobrol, asik dengan imajinasinya sendiri dan lebih memilih untuk bermain daripada belajar karena pada dasarnya anak lebih suka bermain. Maka dari itu diperlukanlah sebuah media pembelajaran yang dapat menarik minat belajar anak-anak dalam mempelajari dan memahami candi-candi di Indonesia. Dalam melakukan penyusunan penelitian ini, peneliti menggunakan perancangan Software Development Life Cycle (SDLC) Water Fall, Sedangkan untuk perancangan sistem, penulis menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan menggunakan Construc 2 untuk perancangan penelitian ini. Perancangan Game edukasi ini yang terdiri dari beberapa jenis permainan yaitu Puzzle dan Quiz, dalam jenis game Quiz pemain akan menjawab beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan sejarah candi sedangkan pada jenis game Puzzle pemain akan menggeser sebuah gambar teracak ke tempat sudah yang sudah dibuat untuk menyusun gambar tersebut. Hasil pengujian dari game edukasi Puzzle dan Quizini dapat di pasang pada smartphone dengan spesifikasi Android Versi 4.1 Jellybean hingga Android Versi 8.0 Oreo dan resolusi layar 1280 x 720 Pixels.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Software Development Life Cycle (SDLC) Water Fall, (Unified Modelling Language) UML, Construc 2, Game Edukasi: Water Fall Software Development Life Cycle (SDLC), UML, Unified Modeling Language, Construc 2, Educational Games |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 14 Oct 2023 01:54 |
Last Modified: | 14 Oct 2023 01:54 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4705 |
Actions (login required)
View Item |