Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya

Wilim, Ricky (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (512kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (427kB) | Request a copy

Abstract

Globalisasi membawa dampak yang sangat besar bagi perkembangan dunia bisnis di seluruh dunia. Penyediaan barang konsumen merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan, usaha seperti ini sering disebut dengan ritel atau pengecer yaitu salah satu cara pemasaran produk meliputi semua aktivitas yang melibatkan penjualan barang secara langsung ke konsumen akhir untuk penggunaan pribadi dan bukan bisnis. Salah satu perusahaan retail yang sudah ternama adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart). Banyak macam strategi pemasaran yang dapat digunakan, salah satunya adalah dengan memberikan kualitas pelayanan yang baik dan persepsi harga yang bersahabat kepada pelanggan. Karena kualitas pelayanan dan persepsi harga merupakan faktor yang dapat mempengaruhi loyalitas pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan persepsi harga terhadap loyalitas pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya. Data yang digunakan dalam penelitian yang diperoleh melalui kuesioner dengan total sampel sebanyak 106 responden dari 148 populasi pada tahun 2017 dibagikan kepada pelanggan PT Sumber Alfaria Trijaya yang berbelanja di minimarket Alfamart Mandalay Batam. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan SPSS versi 22. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dapat di lihat dari nilai t hitung 3,406 > t tabel 1,983. Persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dapat dilihat dari nilai t hitung 10,074 > t tabel 1,983. Kualitas pelayanan dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan, hal ini dapat dilihat dari nilai F hitung 195,220 > F tabel 3,08.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Loyalitas Pelanggan: Service Quality, Price Perception, Customer Loyalty
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 12 Oct 2023 09:06
Last Modified: 12 Oct 2023 09:06
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4529

Actions (login required)

View Item View Item