Analisis Pengaruh Persaingan Penetapan Harga Member terhadap Permintaan Produk Melia Biyang di Kota Batam

Joni, Joni (2017) Analisis Pengaruh Persaingan Penetapan Harga Member terhadap Permintaan Produk Melia Biyang di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (370kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (337kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga persaingan dan harga produsen terhadap permintaan produk Melia Biyang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jumlah sampel sebanyak 120 orang responden yang merupakan keseluruhan dari populasi konsumen produk Melia Biyang sehingga digunakan sampel jenuh. Teknik analisis yang digunakan adalah metode regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel harga persaingan dan harga produsen berpengaruh positif terhadap permintaan. Baik secara simultan maupun parsial, harga persaingan dan harga produsen berpengaruh signifikan terhadap permintaan produk Melia Biyang. Dari penelitian ini diperoleh nilai R2 sebesar 0,386, hal tersebut berarti bahwa 38,6% variabel permintaan dapat dijelaskan oleh variabel independennya yaitu harga persaingan dan harga produsen dan sisanya yaitu sebesar 61,4% dijelaskan oleh variabel-variabel lainnya yang tidak dijelaskan di penelitian ini. Nilai thitung untuk variabel harga persaingan (X1) yaitu 2,068 lebih besar dibandingkan ttabel 1,980 atau nilai sig t 0,041 lebih kecil dari alpha 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dinyatakan H1 diterima untuk variabel harga persaingan (X1), dengan demikian secara parsial variabel harga persaingan (X1) berpengaruh signifikan terhadap permintaan (Y). Nilai thitung untuk variabel harga produsen (X2) yaitu 6,313 lebih besar dibandingkan ttabel 1,980 atau nilai sig t 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05. Berdasarkan hasil yang diperoleh maka dinyatakan H2 diterima untuk variabel harga prodsuen (X2), dengan demikian secara parsial variabel harga produsen (X2) berpengaruh signifikan terhadap permintaan (Y). Fhitung = 36,761 dan Ftabel = 3,074 dalam hal ini Fhitung lebih besar dari Ftabel dan nilai signifikansi adalah 0,000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05 sehingga keputusan yang diambil adalah H0 ditolak dan H3 diterima. Diterimanya hipotesis 3 menunjukkan variabel bebas harga persaingan (X1) dan harga produsen (X2) mampu menjelaskan keragaman dari variabel terikat permintaan (Y). Dalam hal ini variabel harga persaingan (X1) dan harga produsen (X2) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap permintaan atau dapat dikatakan bahwa variabel harga persaingan (X1) dan harga produsen (X2) mampu menjelaskan permintaan produk Melia Biyang di Kota Batam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Harga Persaingan, Harga Produsen, Permintaan: Competition Price, Producer Price, Demand
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 11 Oct 2023 09:02
Last Modified: 11 Oct 2023 09:02
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4368

Actions (login required)

View Item View Item