Analisis Yuridis Terhadap Kewajiban BPSK dalam Menjatuhkan Putusan Atas Pengaduan Permohonan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Studi pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Batam)

Iwan, Iwan (2018) Analisis Yuridis Terhadap Kewajiban BPSK dalam Menjatuhkan Putusan Atas Pengaduan Permohonan Penyelesaian Sengketa Konsumen (Studi pada Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Batam). Skripsi thesis, Prodi Ilmu Hukum.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (11MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Pasal 55 Undang Undang Perlindungan Konsumen menyatakanbahwa : “Badan penyelesaian sengketa konsumen wajib mengeluarkan putusan paling lambat dalam waktu 21 (dua puluh satu) hari kerja setelah gugatan diterima”. Kenyataan dilapangan terkait dengan kewajiban BPSK sesuai dengan Pasal 55 tersebut ternyata melebihi dari batas waktu yang ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan kewajiban BPSK dalam menjatuhkan putusan terkait ketentuan jangka waktu penyelesaian sengketa konsumen di Kota Batam dan untuk mengetahui akibat hukum yang ditimbulkan terhadap putusan BPSK mengenai penyelesaian sengketa konsumen yang melebih batas waktu 21 hari. Metode penelitian pada skripsi ini adalah penelitian yuridis empiris yaitu cara atau prosedur yang digunakan untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder terlebih dahulu untuk kemudian meneliti data primer yang ada di lapangan. Hasil penelitian mengenai pelaksanaan Kewajiban BPSK Dalam Menjatuhkan Putusan Terkait Ketentuan Jangka Waktu Penyelesaian Sengketa Konsumen Di Kota Batam tidaklah berjalan sesuai dengan ketentuan sebagaimana dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dan Undang Undang Perlindungan Konsumen tidak mengatur mengenai sanksi apabila dalam penyelesaian sengketa melebehi batas waktu yang ditentukan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Konsumen, Penyelesaian Sengketa, BPSK: Consumer Protection, Dispute Resolution, BPSK
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340-349 Ilmu Hukum > 340 Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Hukum
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 04 Oct 2023 10:24
Last Modified: 04 Oct 2023 10:24
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4058

Actions (login required)

View Item View Item