Pertanggung Jawaban Pelaku Usaha dalam Pengiriman Barang Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap Perlindungan Konsumen (Studi pada PT Elteha Cargo Batam)

Effendi, Hendra (2017) Pertanggung Jawaban Pelaku Usaha dalam Pengiriman Barang Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 terhadap Perlindungan Konsumen (Studi pada PT Elteha Cargo Batam). Skripsi thesis, Prodi Ilmu Hukum.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (20MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstract

Sejarah pertangung jawaban pengusaha terhadap konsumen dalam sistem hukum Indonesia sudah dikenal sejak jaman Belanda, pada hakikat nya pertanggung jawaban itu begitu di ikat dengan hukum perdata Burgerlijk Wet Boek dan pada dasarnya perjanjian itu lebih menjurus kepada asas kebebasan berkontrak Dalam hal pengiriman barang baik ke dalam negeri maupun luar negeri, perusahaan penyedia jasa pengiriman barang memegang peranan yang sangat penting. Masyarakat dapat mengirimkan barang dengan mudah baik ke luar negeri maupun dalam negeri dengan menggunakan jasa pengiriman barang. Dalam melakukan penulisan ilmiah ini penulis menggunakan metode penelitian empiris sosiologis yang lebih menitik beratkan kepada penelitian yangn dilapangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk tanggung jawab dan mengetahui Hambatan dan solusi apa saja yang dihadapi PT Elteha Cargo Batam dengan menggunakan metode penelitian yuridis-empiris dengan analisis kualitatif deskriptif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan melalui proses wawancara dan studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan, yaitu: Pertama, PT Elteha Cargo Batam bertanggung jawab sepenuhnya atas akibat kerusakan, atau kehilangan dari pengiriman dokumen atau barang dan tidak bertanggung jawab terhadap kerugian disebabkan oleh hal-hal di luar kemampuan kontrol Perusahaan atau kerugian akibat bencana alam. Kedua adalah Pengelolaan Sumber Daya Manusia, peningkatan pelayanan dan keamanan konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pertangung jawaban, Barang dan Konsumen: a defense response, Consumer and Goods
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340-349 Ilmu Hukum > 348.598 Undang-undang, Peraturan-peraturan di Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Hukum
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 19 Sep 2023 01:55
Last Modified: 19 Sep 2023 01:55
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3756

Actions (login required)

View Item View Item