Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa dalam Mengikuti Pelatihan pada Lembaga Yayasan Batam College

Manurung, Ranto Fransiskus (2018) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Siswa dalam Mengikuti Pelatihan pada Lembaga Yayasan Batam College. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (446kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dunia pendidikan di indonesia sangat berkembang dengan pesat. Hal ini dapat dilihat dengan semakin banyak bermunculan penyelenggara pendidikan baik dari pemerintahan maupun pihak swasta. Yayasan Batam Collage merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bergerak dibidang pelatihan yang diselenggarakan oleh pihak swasta. Yayasan Batam College memiliki permasalahan menurunnya jumlah pelanggan setiap bulan. Oleh karena itu peneliti ingin melakukan analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan siswa dalam mengikuti pelatihan pada lembaga Yayasan Batam College menggunakan metode Service Quality (servqual), Importance Performance Analysis (IPA). Hasil analisis Serqual menunjukan adanya gap antara persepsi dan ekspetasi. Pada hasil importance performance analysis terdapat 25 atribut penilaian, didalam kuadran I terdapat 4 atribut yaang menjadi prioritas utama tetapi kinerjanya kurang yaitu Yayasan pelatihan yang bersih, Tata letak ruang yang baik, Fasilitas ruang kelas yang memadai, Kesesuian dalam memberi pelayanan dan materi. Kuadran II terdapat 8 atribut yang sesuai dengan harapan pelanggan yaitu Fasilitas parkir kendaraan yang disediakan memadai, Yayasan pelatihan yang bersih, Kerapihan karyawan dalam berpenampilan, Pelayanan pelanggan dilakukan dengan mudah dan cepat, Memberikan informasi yang baik, Pelayanan cepat dan tanggap, Karyawan bersedia membantu kesulitan yang dihadapi siswa, Keramahan dan kesopanan karyawan dalam melayani pelanggan. Kuadran III terdapat 8 atribut yang dinilai biasa-biasa saja kinerjanya yaitu Harga pelatihan yang ekonomis, Karyawan yang cekatan dan terampil dalam memberi materi, Karyawan Batam College bersedia menerima saran dari calon pelanggan, Kejujuran karyawan dalam melayani pelanggan, Perilaku pengajar selama proses pembelajaran, Karyawan yang menerima kritikan dari siswa, Sikap karyawan yang ramah terhadap pelanggan, Karyawan memahami kebutuhan dan harapan siswa. Kuadran IV terdapat 5 atribut yang dinilai berlebihan kinerjanya oleh pelanggan yaitu Memberikan kemudahan dalam sistem pembayaran, Kesiapan karyawan dalam melayani pelanggan, Kesigapan karyawan dalam menyelesaikan keluhan siswa, Para pengajar lulusan perguruan tinggi, Karyawan mudah dihubungi dan mengutamakan kepentingan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Customer Satisfication Index (CSI),Importance Performance Analysis (IPA), Service Quality (servqual): Customer Satisfication Index (CSI),Importance Performance Analysis (IPA), Service Quality (servqual)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 338 Produksi, Ekonomi Industri
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 14 Sep 2023 10:37
Last Modified: 14 Sep 2023 10:37
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3731

Actions (login required)

View Item View Item