Oktariani, Herlly (2020) Analisis Pola Pembelian KOnsumen Menggunakan Algoritma Apriori pada Toko Cha Cha Mart. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (491kB) |
|
Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (684kB) | Request a copy |
Abstract
Toko Cha Cha Mart merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penjualan bahan pokok, yang ada dikota batam. Toko Cha Cha Mart menjual berbagai jenis produk sehingga setiap hari Toko Cha Cha Mart banyak melakukan transaksi, data transaksi yang terjadi tidak dikelolah dengan baik sehingga terjadinya penumpukan data pada database. Masalah yang sering dihadapi adalah ketersediaan barang sering tidak memenuhi keinginan konsumen sehingga konsumen beralih ke toko lain dan memberikan dampak kerugian bagi toko saat menyetok barang yang kurang diminati konsumen. Salah satu cara yang dilakukan untuk memanfaatkan data yang menumpuk yaitu dengan mengolah data tersebut menggunakan teknik perhitungan algoritma apriori yang di mana merupakan bagian dari teknik data mining. Algoritma apriori dapat digunakan untuk mengetahui frekuensi penjualan yang sering dibeli secara bersamaan oleh konsumen sehingga dapat dijadikan sebagai informasi penting dan berguna dalam membantu pihak Toko Cha Cha Mart dalam penyusunan barang sesuai dengan perilaku konsumen, seperti meletakkan barang yang memiliki hubungan asosiasi secara berdekatan dan diharapkan dapat membantu pihak Toko Cha Cha Mart untuk menentukan pengadaan stok barang berdasarkan data transaksi konsumen. Hasil perhitungan algoritma apriori didukung dengan adanya penggunaan aplikasi tanagra. Salah satu teknik algoritma yang digunakan adalah analisis pola frekuensi tinggi yang di mana pada penelitian ini terdapat rules memiliki nilai lift lebih dari 1 (satu) support sebesar 5% dan confidence 100% sehingga dapat dijadikan sebagai acuan peningkatan penjualan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penjualan, Data Mining, Algoritma Apriori, Association Rule, Sales, Perilaku Konsumen |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 003.1 Identifikasi Sistem 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.268 Pemrograman untuk Sistem Operasi Tertentu 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.4 Sistem Pemrograman |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Chrisna Sumbayak |
Date Deposited: | 18 Feb 2021 06:25 |
Last Modified: | 01 Apr 2021 09:48 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/316 |
Actions (login required)
View Item |