Optimalisasi Intensitas Pencahayaan yang Sesuai pada Ruangan Kelas untuk Kenyamanan Visual pada SD Negeri 001 Batu Aji

Utama NB, Febrry Putra (2020) Optimalisasi Intensitas Pencahayaan yang Sesuai pada Ruangan Kelas untuk Kenyamanan Visual pada SD Negeri 001 Batu Aji. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (658kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (345kB) | Request a copy

Abstract

Pencahaayaan adalah bagian dari suatu komponen yang bengunaan untuk perencanaan kebutuhaan bangunan . Pencahayaan dalam ruangan yang kita lihat dari kualitas pencahayaan yang kuat atau tingkat pencahayaan yang dibutuh kan. Di Sekolah Dasar Negeri 001 Batu Aji adalah lembaga pendidikan yang berada di Batam, dimana sistem pembelajaran siswa dari kelas 1 sampai kelas 6 yang beroperasi di jam 07.00 pagi sampai dengan 16.00. Pada sekolah ini terdiri dari beberapa bangunan yang terdiri dari ruangan kelas siswa. Proses pembelajaran dikelas mengunakan pencahayaan alami dan buatan, dalam melakukan kunjungan peneliti melihat secara langsung pencahayaan diruanga kelas tersebut masih minim. Dimana peneliti mengukur mengunakan alat Lux Meter dan didapatkan 118.18 lux < SNI dimana menurut SNI 03-6575-2001 yaitu 250 lux untuk ruangan kelas yang mana masih dibawah standar. Dari penglihat secara langsung tujuan dilakukan untuk pengoptimal pencahayaan tehadap ruangan kelas melihat pengaruh cahaya pada konsterasi belajar siswa. Subjek penelitian ini adalah ruangan kelas 6 dan siswa terdiri dari 40 orang. Pengukuran mengunakan metode korelasi dan hipotesi komperatif dan perhitungan mengunakan SPSS. Dari hasil dilakukannya hubungan tingkat pencahayaan test mata mengunakan Test Snellent Chart SPSS didapat hasil bahwa yaitu nilai Sig. 0.674 berarti Sig 0.000 < 0.01 yang berarti hubugannya termasuk kuat dan Test Soal SPSS didapat hasil yaitu 0.662 bahwa hubungan antara tingkat pencahayaan hasil test mata pemberian soal Sig. 000, berarti Sig 0.000 < 0.01 yang berarti hubugannya termasuk kuat. Maka, didapatkan kesimpulan terdapat adanya hubungan yang kuat cahaya terhadap konsterasi belajar siswa dari hasil test yang dilakukan. Setelah dilakukan perbaikan pencahayaan didapat rata-rata caya ruangan kelas 254.24 dan hubungan perbadingan antara cahaya sebelum sesudah, hasil test Snellen Chart, dan hasi uji test soal adalah Sig 000. yang berarti 0.000 < 0.05 artinya ada perbandingan sebelum dan sesudah dilakukan perbaikan pencahayaan sesusai SNI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pencahayaan, Korelasi, Komperatif, Lightinh, Comparativ, Correlation
Subjects: 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga > 740-749 Menggambar dan Seni Dekorasi > 747.7 Dekorasi Interior Ruang Khusus Lainnya
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 16 Feb 2021 02:43
Last Modified: 01 Apr 2021 09:18
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/301

Actions (login required)

View Item View Item