Siregar, Paramita Rosadi (2023) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Bengkong Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (822kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (729kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di kecamatan Bengkong-Kota Batam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitiatif deskriptif, dengan sampel sebanyak 100 responden yang diberikan kuisioner. Fokus penelitian ini pada kualitas pelayanan PATEN di Kecamatan Bengkong. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, kuesioner dan dokumentasi. Teknik pengujian yang dilakukan antara lain uji instrumen angket terdiri dari uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik terdiri dari uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, uji normalitas, analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis terdiri dari uji t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan diukur dalam variabel bukti langsung, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati, secara rata-rata penilaian responden cukup baik dimana secara rerata skor bukti langsung (3,523), keandalan (3,576), ketanggapan (3,563), jaminan (3,636), dan empati (3,676). Untuk kepuasan masyarakat yang mengacu pada indikator Indeks Kepuasan Masyarakat secara rata-rata kategori baik, dengan skor indikator sarana dan prasarana yang tertinggi. Hipotesis dpenelitian ini menyebutkan bahwa bukti langsung, keandalan, ketanggapan, jaminan dan empati berpengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Hasil uji-t atau secara parsial, hanya variabel keandalan dan ketanggapan yang memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat, sedangkan variabel bukti langsung, jaminan dan empati tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan masyarakat. Sementara hasil uji f atau simultan menunjukkan Nilai F tabel dengan jumlah sebesar 3,09, sedangkan nilai F hitung adalah sebesar 52,019, karena nilai F hitung (52,019) > nilai F table (3.09), artinya terdapat pengaruh Bukti Langsung (X1), Keandalan (X2), Ketanggapan (X3), Jaminan (X4) dan Empati (X5) terhadap Kepuasan Masyarakat (Y). Hasil determinasi diperoleh nilai R sebesar 0,857 berarti 85,7%, sedangkan nilai R2 sebesar 0,8735 berarti 73,5% variabel Bukti Langsung (X1), Keandalan (X2), Ketanggapan (X3), Jaminan (X4) dan Empati (X5) mampu menjelaskan oleh Kepuasan Masyarakat (Y) dan sisanya (100%-73,5% = 26,5%) tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kualitas Layanan, Kepuasan Masyarakat, Kecamatan Bengkong: Service Quality, Community Satisfaction, Kecamatan Bengkong |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 350-359 Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 06 May 2023 10:38 |
Last Modified: | 06 Jun 2024 12:02 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2621 |
Actions (login required)
View Item |