Avandi, Chairul (2020) Perancangan Sistem Simulasi Antrian pada Kasir Rumah Makan Cepat Saji untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (578kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
Abstract
Sistem antrian dapat membantu layanan dalam mengoptimalkan pengguna fasilitas didalam ruangan. Simulasi ini digunakan dengan metode kedatangan paisson, dan waktu pelayanan adalah distribusi eksponensial. Tujuan penelitian ini adalah mengamati perilaku tiga parameter kualitas sisitem antrian, yaitu: waktu tunggu pelanggan sebelum dilayani waktu senggang kedua pelayanan dan panjang antrian kedua pelayanan, simulasi yang dirancang berdasarkan aktual dilokasi penelitian dan simulasi langsung diterapkan untuk mendapatkan hasil yang baik untuk meminimalkan antrian dan dalam kondisi tertentu tidak adanya antrian. Hasil akhir dari simulasi analisa data pada waktu kedatangan pelanggan dan waktu pelayanan diperoleh nilai, ekspektasi kecepatan kedatangan rata-rata 0,2 pelangggan per menit, dan ekspektasi kecepatan pelayanan rata-rata 0,13 pelanggan per menit, sehingga diharapkan dapat meminimalkan penumpukan antrian di area kasir.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Simulasi antrian, kualitas layanan, Poisson dan Eksponensial:Queue simulation, service quality, Poisson and Exponential |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri |
Depositing User: | Melsa Yulia |
Date Deposited: | 24 Nov 2022 05:20 |
Last Modified: | 24 Nov 2022 05:20 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/2385 |
Actions (login required)
View Item |