Tinjauan Yuridis terhadap Hak Anak sebagai Peserta Didik atas Penerapan Sistem Zonasi Sekolah

Rahma, Isnawati Azizatul (2020) Tinjauan Yuridis terhadap Hak Anak sebagai Peserta Didik atas Penerapan Sistem Zonasi Sekolah. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Hukum.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (807kB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Penerapan sistem zonasi sebagaimana diamanahkan Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 menimbulkan polemic yang cukup signifikan terhadap kegiatan di bidang pendidikan. Hal ini diperkuat dengan adanya pemberitaan baik melalui media online maupun media cetak, yang menyatakan bahwa anak yang memiliki kemampuan Pendidikan yang baik dan berkeinginan untuk bersekolah di sekolah faforit atau sekolah unggulan dengan kata lain sekolah yang memiliki program pengajaran dengan menciptakan peserta didik yang berprestasi. Kajian yang dilakukan pada penelitian ini meliputi. Bagaimanakah Peran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dalam Pembatasan Zonasi Sekolah? dan Apakah Faktor yang menyebabkan terjadinya Zonasi Sekolah ? Serta menggunakan Metode Penelitian Hukum Normatif dengan menitik beratkan kajian terhadap Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan ditemukan bahwa dengan dikeluarkannya Permendikbud Nomor 44 Tahun 2019 sangat disayangkan hal tersebut justru memberikan tekanan dan kekangan pada para peserta didik dalam memperoleh pendidikan sesuai dengan yang diinginkan, pengekangan dimaksud adalah menerapkan zonasi wilayah dengan domisili tempat tinggal terdekat dari lokasi sekolah tersebut, sehingga anak tidak dapat bersaing secara keilmuan untuk mendapatkan tingkatan pendidikan yang lebih baik. Pengaturan Hak Asasi Manusia sebagaimana tersebut diatas juga didukung dengan adanya Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak sebagaimana ditegaskan pada ketentuan pasal 4 “Setiap anak berhak untuk dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi secara wajar sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi”

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, Peserta Didik, Zonasi, Ministerial Regulation, Student, Zoning System
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340-349 Ilmu Hukum > 346 Hukum Privat, Hukum Perdata
300 Ilmu Sosial > 370-379 Pendidikan > 379 Peraturan-peraturan Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 370-379 Pendidikan > 379.598 Peraturan-peraturan Pendidikan di Indonesia
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Hukum
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 10 Feb 2021 01:56
Last Modified: 01 Apr 2021 09:33
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/205

Actions (login required)

View Item View Item