Yongky, Yongky (2022) Augmented Reality Pengenalan Objek 3D Hardware Komputer Dengan Metode Marker Based Tracking. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (16MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (407kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring perkembangan teknologi saat ini, Media edukasi digital dapat digunakan sebagai pendukung pembelajaran siswa, yang mampu memberikan metode pengajaran bervariasi untuk guru sehingga para siswa tidak merasa jenuh saat pembelajaran berlangsung. Namun, saat ini masih banyak sekolah yang belum memanfaatkan teknologi dalam bidang pendidikan yang memerlukan metode berbeda, seperti materi pengenalan hardware komputer pada mata pelajaran TIK untuk anak SMP. Hingga saat ini, peralatan di sekolah sangat terbatas dan para guru masih menggunakan metode yang konvensional menggunakan alat berupa buku dan gambar 2D yang hanya diperlihatkan kepada siswa tanpa adanya praktik sehingga para siswa tidak mempunyai pemahaman yang luas mengenai informasi dan kegunaan Hardware Komputer. Pada penelitian ini akan diketahui bagaimana merancang dan mengimplementasikan sebuah media pembelajaran digital dengan 3D pada Objek Hardware Komputer. Metode pada penelitian ini menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), serta metode Marker based tracking yang dijadikan acuan untuk menampilkan objek 3D dan aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone yang menggunakan sistem operasi android. Aplikasi ini dirancang dengan bantuan software seperti Unity 3D, Vuforia, Adobe Photoshop, Blender 3D, Visual studio serta bahasa pemrograman C# (C Sharp). Hasil yang diciptakan oleh penelitian ini adalah sebuah aplikasi Augmented Reality Pengenalan Objek 3D Hardware Komputer Dengan Metode Marker Based Tracking. Dengan diciptakannya aplikasi augmented reality ini, diharapkan dapat menambah minat belajar dari para siswa mengenai materi pengenalan hardware komputer pada tingkat sekolah
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Perangkat Keras, MDLC, Penanda: Augmented Reality, Hardware, MDLC, Marker |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.1 Pemrograman 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.3 Program |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Melsa Yulia Putri |
Date Deposited: | 25 Apr 2022 03:10 |
Last Modified: | 03 Dec 2024 07:01 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/1403 |
Actions (login required)
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year