Permainan Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Berbasis RPG Menggunakan Penerapan Algoritma A-Star

Fathurridho, Alief (2020) Permainan Edukasi Pengenalan Bahasa Pemrograman Berbasis RPG Menggunakan Penerapan Algoritma A-Star. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
bab IV & V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Demam game mulai hadir dari lahirnya bermacam game, dan ini menjadi sebuah candu yang tidak terhindarkan pada saat ini. Keadaan ini sangat disayangkan karena game membuat beberapa pemainnya menjadi lupa waktu dan melalaikan tanggungjawab dan meninggalkan kegiatan produktif (bekerja, belajar). Candu bermain game disebabkan karena ragam jenis permainan yang semakin banyak namun hanya menawarkan segi hiburan semata. Padahal game bisa menjadi sumber pembelajaran jika memainkan game dengan tema permainan yang tepat, yaitu Permainan Edukasi. Kemudian, kondisi lainnya yang terjadi adalah fakta bahwa banyak orang yang ingin mempelajari bahasa pemrograman, akan tapi mereka menemui beberapa kendala dan hambatan seperti media belajar yang monoton serta suasana belajar yang cenderung membosankan, sehingga mereka kesulitan dalam mempelajari dan memahami bahasa pemrograman serta membuat proses memahami pemrograman menjadi langkah panjang yang tak berkesudahan. Dari kondisi permasalahan yang telah dipaparkan sebelumnya, peneliti dalam penelitian ini berencana untuk menjawab keadaan diatas, dimana ditawarkannya alternatif dalam mempelajari bahasa pemrograman melalui pembuatan sebuah permainan edukasi yang bertema pelajaran bahasa pemrograman, agar membuat calon pembelajar bahasa pemrograman menjadi lebih mudah dalam mempelajarinya. Hasilnya dari penelitian ini ditemukan bahwa sebanyak 17 responden telah berpartisipasi menguji permainan edukasi yang dibuat dan didapati bahwa 82,4% responden memahami materi yang dikandung terkait bahasa pemrograman didalamnya. Dilanjutkan dengan temuan bahwa sebesar 64,7% aspek materi lebih dapat diserap selain aspek hiburan yang juga ditawarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Educational Game, RPG, Programming Language
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Chrisna Sumbayak
Date Deposited: 20 Jan 2021 07:13
Last Modified: 01 Apr 2021 09:20
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/115

Actions (login required)

View Item View Item