Ambarita, Tri Mey Wendelina (2025) Penerapan Algoritma Apriori dan K-Means untuk Analisis Pola Pembelian pada Toko A8 Electronic & Furniture Piayu. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.
![]() |
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (9MB) |
![]() |
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (12MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (441kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (801kB) | Request a copy |
Abstract
Toko A8 Electronic & Furniture Piayu adalah salah satu pelaku pasar yang menawarkan beragam barang elektronik dan peralatan rumah tangga yang tidak memiliki metode yang efisien untuk menentukan produk mana yang sering dibeli bersama oleh pelanggan. Serta produk yang sering dibeli tidak selalu ditata di tempat yang berdekatan, sehingga menyulitkan pelanggan untuk berbelanja dengan nyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pola pembelian konsumen dan pengelompokkan konsumen berdasarkan kebiasaaan pembelian dari konsumen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Algoritma Apriori dan K-Means. Algoritma Apriori digunakan untuk menemukan pola antara produk yang sering dibeli secara bersamaan, sedangkan K-Means digunakan untuk mengelompokkan konsumen berdasarkan kebiasaan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Algoritma Apriori berhasil mengidentifikasi beberapa pola pembelian, seperti jika konsumen membeli Kipas ada kemungkinan 55% akan membeli Kulkas, dan jika konsumen membeli Speaker maka akan membeli Mic. Analisis menggunakan K-Means dihasilkan bahwa pengelompokkan terbaik adalah dengan menggunakan 4 cluster dengan nilai Davis Bouldin sebesar 0.754. Berdasarkan sebaran item pada cluster, terdapat 54 item di cluster 0, 18 item di cluster 1, 20 item di cluster 2, dan 28 item di cluster 3. Toko A8 Electronic & Furniture disarankan memanfaatkan pola asosiasi produk untuk mengoptimalkan pengelolaan stok berdasarkan hasil cluster, dan membuat promosi yang spesifik untuk segmentasi konsumen sesuai dengan hasil penelitian. Selain itu, hasil penelitian ini dapat diterapkan untuk meningkatkan layanan pelanggan dan mengembangkan produk baru. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi dalam memajukan pengelolaan data transaksi menjadi pengetahuan strategis yang membantu pengambilan keputusan bisnis toko.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Algoritma Apriori, K-Means, Pola Pembelian, Segmentasi Konsumen:Apriori Algorithm, K-Means, Purchasing Patterns, Customer Segmentation |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 004 Pemrosesan Data, Ilmu Komputer, Teknik Informatika 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 006.3 Kecerdasan Buatan |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 11:02 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 11:02 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6675 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year