Pengaruh Ewom, Citra Merek dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli di Kota Batam

Lestari, Ayu Devi (2025) Pengaruh Ewom, Citra Merek dan Kemudahan Penggunaan terhadap Keputusan Pembelian pada Blibli di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (567kB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (235kB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (213kB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (351kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (32kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (164kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (994kB) | Request a copy

Abstract

Kajian ini bertujuan mengeksplorasi dampak dari ewom, citra merek serta kemudahan penggunaan terhadap pengambilan keputusan pembelian di platform Blibli oleh konsumen di Kota Batam. Penelitian ini mengadopsi pendekatan kuantitatif dengan desain deskriptif. Responden yang menjadi subjek penelitian pengguna Blibli di Kota Batam pada tahun 2024 dengan total responden yang tidak diketahui. Penentuan sampel menggunakan rumus Lameshow yang dipilih melalui metode purposive sampling berbasis kriteria tertentu. Langkah-langkah analisis mencakup pengujian kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian mengungkap bahwa ewom berkontribusi sebesar 27,8% terhadap keputusan pembelian, citra merek memberikan andil sebesar 20,0%, dan kemudahan penggunaan menyumbang sebesar 21,9%. Koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa ketiga variabel ini secara bersamaan memengaruhi 76,0% dari keputusan pembelian konsumen, sementara sisanya ditentukan oleh elemen lain yang berada di luar cakupan penelitian ini. Pengujian statistik melalui uji t dan uji F mengonfirmasi adanya pengaruh positif yang signifikan dari ewom, citra merek serta kemudahan penggunaan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Ewom, Kemudahan Penggunaan, Keputusan Pembelian: Brand Image, Ease Of Use, Ewom, Purchasing Decisions
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 04 Jun 2025 12:51
Last Modified: 04 Jun 2025 12:51
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6647

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year