Pengaruh Citra Merek, E-Wom, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak

Julianti, Eji (2025) Pengaruh Citra Merek, E-Wom, dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce Bukalapak. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (5MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (582kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini, persaingan antar bisnis semakin intensif, dengan berbagai perusahaan berupaya meningkatkan produktivitas untuk tetap kompetitif dan berkembang. Keputusan pembelian konsumen menjadi aspek penting yang dapat mendukung pertumbuhan perusahaan melalui hubungan yang baik dengan konsumen. Di tengah pesatnya pertumbuhan bisnis di sektor E-commerce, persaingan antar platform semakin tinggi. Untuk itu, setiap perusahaan mengembangkan strategi pemasaran yang kreatif dan inovatif guna menarik minat konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh citra merek, E-WOM, dan kepercayaan terhadap keputusan pembelian pada E-commerce Bukalapak. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji seberapa berpengaruh Citra Merek, E-WOM dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Bukalapak. Penelitian ini melibatkan 100 responden menggunakan rumus lemeshow sebagai metode pengambilan sampel. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pengukuran menggunakan skala likert. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa citra merek memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai t hitung sebesar 2,167 yang > daripada t tabel 1,984984, serta tingkat signifikansi 0,033 < 0,05. Variabel E-WOM juga terbukti memiliki pengaruh signifikan dengan nilai t hitung 3,636 yang melebihi t tabel 1,984984, dan signifikansi 0,001 < 0,05. Selain itu, kepercayaan menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian, dengan nilai t hitung sebesar 2,643 lebih tinggi dari t tabel 1,984984, dan tingkat signifikansi 0,010 < 0,05. Berdasarkan hasil uji F, diperoleh kesimpulan bahwa secara simultan citra merek, E-WOM, dan kepercayaan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian pada E commerce Bukalapak, dengan nilai F hitung sebesar 31,045 yang > dari F tabel 2,70 dan signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, E-WOM, Kepercayaan, Keputusan Pembelian: Brand Image, E-WOM, Trust, Purchase Decision
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.82 Promosi Pemasaran, Promosi Penjualan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 May 2025 09:55
Last Modified: 31 May 2025 09:55
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6621

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year