Wangdra, Jacelyn (2025) Pengaruh Hedonic Motivation, Price Value dan Risk Perception terhadap Fintech Adoption pada Kalangan Mahasiswa di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.
![]() |
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
![]() |
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
![]() |
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
![]() |
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
![]() |
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (568kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (1MB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pada masa sekarang ini, Mahasiswa Akuntansi di Kota Batam semakin banyak menggunakan layanan fintech atau financial technology sebagai solusi pengelolaan keuangan.Fintech adalah layanan yang dibuat untuk mendukung proses transaksi untuk menjadi lebih cepat Mahasiswa terkadang tidak menyadari bahwa fintech dapat mengubah gaya hidup menjadi konsumtif,adanya perbedaan persepsi pada nilai harga yang dikeluarkan, dan paling terakhir adanya timbul rasa takut Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh motivasi hedonis, nilai harga, dan persepsi risiko terhadap adopsi fintech di kalangan mahasiswa di Batam.Penelitian ini digunakan dengan teknik kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah rumus Slovin yang berjumlah 167 responden sebagai alat penentu jumlah sampel yang terpilih dengan menggunakan purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner melalui Google Form. Uji statistic deskriptif, uji validitas, uji reabilitas, uji normalitas menggunakan SPSS 24. Hasil analisis regresi terhadap 167 mahasiswa Akuntansi di Batam menunjukkan bahwa Motivasi Hedonik (X1) dan Nilai Harga (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Adopsi Fintech (Y). Persepsi Risiko (X3) sebaliknya tidak terlalu signifikan. Uji F menunjukkan bahwa model regresi secara keseluruhan cukup signifikan (F = 116.228; p < 0.05), artinya ketiga variabel secara bersama-sama mempengaruhi Adopsi Fintech. Nilai R² sebesar 0,681 menunjukkan bahwa 68,1% variansi Adopsi Fintech dijelaskan oleh model, sedangkan sisanya sebesar 31,9% disebabkan oleh faktor lain di luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Hedonic, Nilai Harga, Persepsi Resiko, Penggunaan Fintech: fintech adoption, hedonic motivation, price value, risk perception, Fintech Adoption |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.1511 Akuntansi Manajerial, Akuntansi Manajemen |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 17 May 2025 05:40 |
Last Modified: | 17 May 2025 05:40 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6553 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
Downloads
Downloads per month over past year