Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Mengalami Wanprestasi Kerusakan Barang Oleh Pelaku Usaha (Studi Kasus di PT Prima Bahari Sejahtera)

Aprilianti, Lily Yusni (2024) Perlindungan Hukum terhadap Konsumen yang Mengalami Wanprestasi Kerusakan Barang Oleh Pelaku Usaha (Studi Kasus di PT Prima Bahari Sejahtera). Skripsi thesis, Prodi Ilmu Hukum.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (6MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (783kB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (446kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (993kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (708kB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan hukum mencerminkan fungsi dari hukum itu sendiri dengan konsep bahwa hukum memberikan keadilan, ketertiban, kepastian, kemanfaatan dan kedamaian. Dalam pelaksanaanya, sarana perlindungan hukum terbagi menjadi 2 (dua) yaitu perlindungan hukum preventif dan represif. Perlindungan hukum terhadap konsumen didasarkan pada sejumlah hak-hak konsumen yang perlu dilindungi dari tindakan-tindakan yang dapat merugikan mereka. PT Prima Bahari Sejahtera adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan ekspedisi laut yang melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu: Pertama, mengetahui bentuk perlindungan hukum yang diberikan kepada konsumen. Kedua, mengetahui hak-hak konsumen dan tanggung jawab pelaku usaha. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian empiris. Metode penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan atau meningkatkan serta memodifikasi pengetahuan dengan tujuan menghasilkan kenyataan atau fakta. Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa perlindungan konsumen menentukan tanggung jawab pelaku usaha dengan konsumen yang menderita kerugian karena produk yang ditemukan cacat atau kerusakan, maka fakta-fakta sekitar peristiwa yang menimbulkan kerugian itu terlebih dahulu dikualifikasi menjadi suatu perbuatan melawan hukum. Artinya dapat ditunjukan bahwa perbuatan pelaku usaha adalah perbuatan yang melanggar hukum. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk tanggung jawab seorang pelaku usaha kepada konsumen pada tatanan hukum di Indonesia sesuai dengan yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Pertanggung jawaban atas dasar resiko adalah tanggung jawab yang harus dipikul oleh seorang pelaku usaha atas kegiatan usahanya yang menimbulkan kerugian kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Konsumen, Pelaku Usaha, Perlindungan Hukum : Consumers, Business Actors, Legal Protection
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 340-349 Ilmu Hukum > 344.03 Hukum Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Hukum
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 15 Oct 2024 10:50
Last Modified: 15 Oct 2024 10:50
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6327

Actions (login required)

View Item View Item

Downloads

Downloads per month over past year