Eksplorasi Penggunaan Augmented Reality dalam Pendidikan Lingkungan Melalui Pengenalan Tumbuhan Lokal

Tarigan, Armando Muhsirada (2024) Eksplorasi Penggunaan Augmented Reality dalam Pendidikan Lingkungan Melalui Pengenalan Tumbuhan Lokal. Skripsi thesis, Prodi Teknik Informatika.

[img] Text
Cover.pdf - Submitted Version

Download (289kB)
[img] Text
Bab I.pdf - Submitted Version

Download (134kB)
[img] Text
Bab II.pdf - Submitted Version

Download (793kB)
[img] Text
Bab III.pdf - Submitted Version

Download (612kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (552kB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf - Submitted Version

Download (64kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Submitted Version

Download (124kB)
[img] Text
Lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kota Batam, sebagai lingkungan perkotaan yang berkembang pesat, memiliki kekayaan tumbuhan lokal yang beragam dan unik. Namun, pemahaman dan pengenalan akan tumbuhan-tumbuhan ini pada kalangan siswa masih terbilang terbatas. Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa terhadap lingkungan sekitar, penggunaan teknologi AR dalam konteks pengenalan tumbuhan lokal di Kota Batam menjadi suatu opsi yang menarik dan bermanfaat, Salah satu strategi tersebut adalah dengan meningkatkan penawaran layanan, melalui aplikasi AR,Masalah yang sering dihadapi orang-orang dalam mempelajari tanaman lokal adalah, belum ada aplikasi augmented reality untuk tanaman hias dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang tanaman lokal, Karna itulah dibutuhkan sebuah aplikasi augmented reality berbasis android untuk mengenal tanaman lokal sehingga orang-orang lebih dapat memahami secara detail dan baik. Penelitian pada perancangan aplikasi ini menggunakan metode scan marker yaitu Mixed Multimedia Life Cycle dengan 6 tahap pengembangan yaitu yaitu konseptualisasi (concept), perencanaan (design), mengumpulkan bahan (material collecting), penyusunan (Assembly), mengujikan (testing), dan penyaluran (distribution), setelah itu akan dilakukan pengujian blackbox testing sehingga bisa diketahui apakah program dapat berjalan dengan sesuai yang diharapkan Penelitian ini menampilkan sebuah aplikasi dan tampilan antarmuka aplikasi dengan teknologi augmented reality dalam pengenalan tanaman hias yang dapat digunakan pada handphone atau smartphone berbasis androidDalam penelitian yang telah dilakukan telah disimpulkan bahwa aplikasi ini efektif untuk mempermudah dalam memahami jenis-jenis tanaman hias, dan dapat berjalan dengan baik pada perangkat smartphone yang telah diuji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Android, Augmentedireality, Tanaman lokal, MDLC, Blackbox Testing: Android, Augmentedireality, Ornamental Plants, MDLC, Blackbox Testing
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.12 Sistem Analisa dan Desain Perangkat Lunak
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 27 May 2024 06:53
Last Modified: 27 May 2024 06:53
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/6209

Actions (login required)

View Item View Item