Pengaruh Kredibilitas Konten Edukasi Kanal Youtube Kok Bisa? terhadap Kebutuhan Informasi Followers

Aisyah, Siti Nur (2024) Pengaruh Kredibilitas Konten Edukasi Kanal Youtube Kok Bisa? terhadap Kebutuhan Informasi Followers. Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (10MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (178kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (464kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Manusia modern dapat dikatakan sangat bergantung pada kemudahan, dan kenyamanan yang di berikan internet. Internet berkembang pesat pada pertengahan 2000-an, mengubahnya menjadi program perangkat lunak untuk memosting informasi, yang mengakibatkan lahirnya beberapa blog, situs berbagi video, dan situs jejaring sosial pada tahun itu. Media sosial juga bisa digunakan dalam kepentingan individu, kelompok, organisasi, maupun perusahaan. Salah satu contoh media sosial yang diminati oleh individu, kelompok, organisasi maupun perusahaan adalah Youtube. Kredibilitas merupakan persepsi komunikan berdasarkan sudut pandangnya yang memberikan penilaian terhadap watak atau kepribadian dari seorang komunikator. Kredibilitas bagi seorang komunikator menjadi hal yang perlu dimiliki karena dengan memiliki kredibilitas, komunikan akan memberikan kepercayaan terhadap suatu informasi, opini yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kredibilitas konten edukasi kanal youtube Kok Bisa? terhadap kebutuhan informasi followers. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif, denganmengumpulkan data melalui survei atau kuesioner online dengan menggunakan skala Likert. Adapun hasil penelitian ini yaitu Kredibilitas konten dapat memberikan pengaruh ketertarikan kebutuhan informasi bagi followers akun youtube Kok Bisa?. Dalam persepsi followers Akun Youtube Kok Bisa? pada konten yang dihadirkan merupakan penilaian individu mengenai cara atau sistem yang digunakan oleh Pemilik akun Youtube Kok Bisa? dalam membuat konten yang berkualitas yang bernilai kebutuhan informasi bagi masyarakat luas. Kesimpulannya yaitu pengaruh kredibilitas konten (X1) memiliki pengaruh yang positif terhadap meningkatnya rasa ketertarikan kebutuhan informasi (Y) pada Akun Youtube Kok Bisa? dengan persentase sebesar 29,8%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kredibilitas, Akun Youtube, Kebutuhan Informasi: Credibility, Youtube Account Information Needs
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.23 Media Komunikasi, Media Massa
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 25 Apr 2024 07:24
Last Modified: 25 Apr 2024 07:24
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5987

Actions (login required)

View Item View Item