Kasmila, Mia (2024) Komunikasi Nonverbal dalam Membangun Komunikasi Efektif (Studi Kasus pada Frontliner Bank Central Asia Batam). Skripsi thesis, Prodi Ilmu Komunikasi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (10MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (627kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (694kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Manusia sebagai makhluk sosial, tidak lepas dari komunikasi. Baik komunikasi verbal maupun nonverbal. Segala prilaku dapat disebut komunikasi jika melibatkan dua orang atau lebih dalam segala bidang. Manusia merupakan makhluk yang secara alami terhubung dengan kehidupan sosial. Hal ini merupakan kenyataan tak terhindarkan, karena keberlangsungan hidup dan peran manusia dalam masyarakat hanya dapat terwujud melalui interaksi dan kerja sama dengan sesama manusia. Komunikasi tidak hanya terpaku pada kata-kata yang dinyatakan, tetapi juga mencakup unsur nonverbal seperti bahasa tubuh, ekspresi wajah, gerakan tangan, dan elemen nonverbal lainnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan karyawan frontliner dan pejabat dari Bank Central Asia Cabang Batam serta dokumentasi terkait strategi komunikasi yang telah diterapkan. Penelitian ini juga mengacu pada Teori interaksi simbolik diperkenalkan oleh beberapa sosiolog, yaitu John Dewey, Chales Horton Cooley, George Hebert Mead dan Hebert Blumer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dalam konteks Bank Central Asia (BCA) Batam, penting untuk memahami peran kritis komunikasi nonverbal dalam membangun hubungan yang efektif antara frontliner dan nasabah. Dampak dari peningkatan komunikasi nonverbal frontliner tidak hanya terbatas pada kepuasan nasabah, tetapi juga dapat menciptakan koneksi emosional, meningkatkan kepercayaan, dan berkontribusi pada loyalitas jangka panjang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi komunikasi yang efektif dan berkelanjutan menjadi kunci dalam peningkatan citra positif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Komunikasi, nonverbal, petugas frontliner, pelanggan: communication,nonverbal, frontliners, customers |
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 300 - 309 Sosiologi dan Antropologi > 302.222 Komunikasi Nonverbal 300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 332.17 Layanan Bank |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 25 Apr 2024 06:13 |
Last Modified: | 25 Apr 2024 06:13 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5980 |
Actions (login required)
View Item |