Venna, Riah (2024) Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar, dan Minat Belajar terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi pada Mahasiswa di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (4MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (588kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji apakah faktor-faktor dari motivasi belajar, perilaku belajar, minat belajar dapat mempengaruhi tingkat pemahaman akuntansi. Penelitian ini dilakukan pada Universitas International Batam, Universitas Universal, dan Universitas Politeknik Batam. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa dengan jumlah sebanyak 3.794 mahasiswa. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan cara menyebarkan kuesioner secara daring melalui google form. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik purposive sampling bersama rumus slovin dengan jumlah sampel yang ada sebanyak 98 responden. Pertanyaan pada kuesioner diukur menggunakan skala likert, dan data diolah menggunakan aplikasi statistik yang berupa IMB SPSS Versi 25. Uji yang dilakukan pada penelitian ini berupa statistik deskriptif, uji kualitas data yang terdiri dari uji validitas dan uji reabilitas, uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas data, uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, uji regresi linear berganda, uji hipotesis yang berupa uji parsial dan uji simultan, dan uji koefisien determinasi. Hasil Pengujian hipotesis pada penelitian ini menyatakan bahwa secara parsial variabel motivasi belajar dan perilaku belajar tidak berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan secara parsial variabel minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sementara, secara simultan variabel motivasi belajar, perilaku belajar, dan minat belajar berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hasil Adjusted R Squared sebesar 0,558 atau 55,8% yang berarti variabel tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh variabel independen yaitu motivasi belajar, perilaku belajar, dan minat belajar sebesar 55,8%. Sementara sisa 44,2% dipengaruhi oleh variabel diluar penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Perilaku Belajar, Minat Belajar, Tingkat Pemahaman Akuntansi: Learning Motivation, Study Behavior, Learning Interest, Accounting Comprehension |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.0285 Pengolahan dan Analisa Data di Bidang Akuntansi 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.31 Bagian-bagian Manajemen Sumber Daya Manusia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 23 Apr 2024 12:09 |
Last Modified: | 23 Apr 2024 12:09 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5932 |
Actions (login required)
View Item |