Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan

Latif, Latif (2024) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Wajib Pajak Pengguna E-Filing di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Batam Selatan. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (3MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (493kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (928kB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji sejauh mana kualitas sistem, persepsi kemudahan, keamanan, dan kerahasiaan berdampak pada kepuasan wajib pajak yang menggunakan layanan e-filing di KPP Pratama Batam Selatan. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang menggunakan skala Likert untuk pengukuran. Penelitian ini difokuskan pada wajib pajak orang pribadi yang menggunakan e-filing dan terdaftar di KPP Pratama Batam Selatan. Jumlah populasi yang menjadi objek penelitian adalah 61.479 orang. Jumlah sampel ditentukan dengan menggunakan perhitungan rumus Slovin, sehingga menghasilkan pemilihan sampel untuk penelitian. Terdapat total 398 responden yang merupakan wajib pajak orang pribadi. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis data kuantitatif, dengan menggunakan berbagai teknik pengumpulan data seperti analisis deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, uji F, uji T, dan uji determinasi. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas sistem e-filing tidak memiliki dampak pada kepuasan wajib pajak. Namun, persepsi kemudahan penggunaan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak. Di sisi lain, pengaruh keamanan dan kerahasiaan terhadap kepuasan wajib pajak ditemukan tidak signifikan. Secara keseluruhan, gabungan faktor kualitas sistem, persepsi kemudahan, serta keamanan dan kerahasiaan memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan wajib pajak pengguna e-filing di KPP Pratama Batam Selatan. Nilai koefisien determinasi sebesar 24,6% menunjukkan bahwa variabel Kualitas Sistem (X1), Persepsi Kemudahan (X2), Keamanan dan Kerahasiaan (X3) secara bersama-sama memberikan pengaruh sebesar 24,6% terhadap Kepuasan Wajib Pajak (Y). Sisanya sebesar 75,4% Kepuasan Wajib Pajak dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Sistem, Persepsi Kemudahan, Keamanan dan Kerahasiaan, Kepuasan Wajib Pajak: System Quality, Perception of Convenience, Security and Confidentiality, Taxpayer Satisfaction
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 003 Sistem-Sistem
300 Ilmu Sosial > 330-339 Ilmu Ekonomi > 336.2 Pajak dan Perpajakan
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.46 Akuntansi Perpajakan, Akuntansi Pajak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 23 Apr 2024 07:29
Last Modified: 23 Apr 2024 07:29
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5912

Actions (login required)

View Item View Item