Dachi, Markus Gunawan (2023) Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung pada Perpustakaan Sekolah Kristen Basic. Skripsi thesis, Prodi Teknik Industri.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (594kB) |
|
Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (366kB) | Request a copy |
Abstract
Persaingan dalam bidang layanan jasa pendidikan salah satunya bertumpu pada kemampuan perpustakaan sekolah dalam memberikan kualitas pelayanan yang memuaskan harapan pengunjung perpustakaan selaku pengguna jasa. Untuk mengukur kualitas layanan jasa yang bersifat kasat mata atau intangibles dapat dilakukan dengan mengukur tingkat kepuasan pengunjung. Perpustakaan sebaiknya melakukan pengukuran kepuasan pengunjung secara berkala sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dimensi kualitas layanan tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty yang diberikan perpustakaan Sekolah Kristen Basic terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan. Penelitian ini merupakan model penelitian kuantitaif dengan menggunakan metode Service Quality dan regresi linear. Service Quality merupakan salah satu metode yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengunjung terhadap kualitas layanan jasa perpustakaan sekolah. Pengukuran dalam metode Service Quality ini dibagi ke dalam 5 dimensi, yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Selain itu, untuk mengetahui tingkat hubungan antara variabel independen dan dependen dilakukan uji regresi dalam penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri atas 30 item kuesioner kualitas layanan dan kepuasan pengunjung perpustakaan. Responden pada penelitian ini merupakan murid usia SMP dan SMA Sekolah Kristen Basic sejumlah 154 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki nilai koefisien positif berpengaruh terhadap peningkatan kepuasan pengunjung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas layanan, kepuasan pengunjung, perpustakaan, metode service quality: library, service quality, service quality method, visitor satisfaction |
Subjects: | 000 Karya Umum > 020-029 Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025.5 Layanan Kepada Pengguna Perpustakaan 500 Ilmu Alam dan Matematika > 510-519 Matematika > 515 Analisis, Teori Fungsi |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Industri |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 01 Nov 2023 08:20 |
Last Modified: | 01 Nov 2023 08:20 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5798 |
Actions (login required)
View Item |