Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan PT Caltest Engineers

Agustiana, Mely (2023) Pengaruh Customer Relationship Management terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan PT Caltest Engineers. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (13MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan dengan komitmen dan komunikasi sebagai indikator CRM. Populasi penelitian ini adalah pelanggan PT Caltest Engineers dengan sampel penelitian sebanyak 87 responden. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik analisis data regresi berganda. Penelitian ini menjelaskan pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan dengan koefisien determinasi sebesar 0,640 atau 64% dan pengaruh manajemen hubungan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien determinasi sebesar 0,561 atau 56,1% . CRM berpengaruh signifikan dengan nilai 0,000 > 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepuasan pelanggan secara signifikan dipengaruhi oleh manajemen hubungan pelanggan dan loyalitas pelanggan juga dipengaruhi oleh manajemen hubungan pelanggan secara signifikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: crm, komitmen, komunikasi, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan: crm, commitment, communication, customer satisfaction, customer loyalty
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.81 Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 Oct 2023 09:22
Last Modified: 31 Oct 2023 09:22
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5693

Actions (login required)

View Item View Item