Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam

Sitorus, Pretty (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor di Kota Batam. Skripsi thesis, Prodi Akuntansi.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (11MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang mempengaruhi kepatuhan pajak mobil di Kota Batam. Dalam survey ini, topik “pemahaman wajib pajak” (X1), “kesadaran wajib pajak” (X2), “kualitas pelayanan” (X3), “sanksi perpajakan” (X4), dan “kepatuhan wajib pajak” (Y) menjadi topik utama. pertimbangan. Terdiri dari berbagai faktor. Meskipun penelitian ini termasuk jenis data kuantitatif, data utamanya berasal dari metode pengumpulan data kuesioner. Dengan menggunakan software SPSS versi 25 sebagai alat pengolah data, data tersebut diolah. Ditentukan bahwa beberapa nilai thitung variabel pemahaman wajib pajak (X1) lebih tinggi dari ttabel (2,40>1,98552). Kesadaran pemakai (X2), nilai thitung QoS lebih besar (X3), nilai ttabel lebih besar (X4), dan nilai thitung denda pajak (X4) lebih besar dari nilai ttabel (2,491 > 1,98552) semuanya menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap wajib pajak kepatuhan (Y). Namun dengan variasi tingkat kesadaran Wajib Pajak (X2), Pemahaman Wajib Pajak (X1), Kualitas Pelayanan (X3), dan Sanksi Pajak (X4) menghasilkan Fhitung sebesar 56,102 dan nilai Ftabel sebesar 3,09. H0 ditolak sedangkan Ha diterima jika Fhitung > Ftabel, 25,096 > 0,000, dan taraf signifikansi 0,000 0,05. Kesimpulan: Kepatuhan wajib pajak secara signifikan dipengaruhi oleh variabel pengetahuan wajib pajak (X1), kesadaran wajib pajak (X2), kualitas pelayanan (X3), dan sanksi perpajakan (X4). memperkuat. (atau).. Variabel “pemahaman wajib pajak” (X1), “kesadaran wajib pajak” (X2), “kualitas pelayanan” (X3), dan “sanksi perpajakan” (X4)) berpengaruh (Y) sebesar 69,2%, menurut R-squared sebesar 69,2 %; sisanya 30,8% tergantung pada variabel lain yang tidak diperhitungkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemahaman Wajib Pajak, Kesadaran Wajib Pajak, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan: Taxpayer Understanding, Taxpayer Awareness, Service Quality, Tax Sanctions
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 657.661 Akuntansi Publik, Akuntansi Pemerintah, Akuntansi Pemerintahan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Akuntansi
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 31 Oct 2023 03:12
Last Modified: 31 Oct 2023 03:12
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5590

Actions (login required)

View Item View Item