An Analysis of Register from Beauty Influencer Tasya Farasya in Her Youtube Channel: Sociolinguistics Approach

Dwita, Hesaleca Laka (2019) An Analysis of Register from Beauty Influencer Tasya Farasya in Her Youtube Channel: Sociolinguistics Approach. Skripsi thesis, Prodi Sastra Inggris.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (848kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy

Abstract

Register adalah penelitian sosiolinguistik yang mengkaji tentang kata khusus yang digunakan dalam suatu aktivitas sosial dan hanya dipahami oleh anggota di dalam komunitas tersebut. Register sering kali di jumpai di dunia nyata tetapi di era modern sekarang suatu komunitas bisa melakukan interaksi di sebuah media, seperti media sosial yang populer di gunakan salah satunya YouTube. Youtuber memilih content yang menurut mereka menarik untuk di jadikan video dan dibagikan di YouTube untuk subscriber mereka. Terkhusus Tasya Farasya, dia memilih menjadi youtuber yang memiliki content kecantikan yang menjadikan dia beauty influencer dengan memiliki subscriber lebih dari dua juta. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bentuk dari register dari sebuah komunitas beauty influencer di dalam content youtube Tasya Farasya serta struktur makna yang terdapat pada komunitas beauty influencer di dalam content youtube Tasya Farasya. Adapun objek penelitian yaitu register yang menggunakan teori dari Halliday dan juga menggunakan teori dari Edward Vinegan sebagai acuan untuk menjawab pertanyaan dari penelitian. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi dari Sudaryanto dengan teknik simak libat bebas cakap. Dalam analisis, penelitian menggunakan metode padan dari Sudaryanto. Selanjutnya metode yang digunakan untuk hasil analisis adalah metode informal. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa register yang digunakan dari sebuah komunitas beauty influencer Tasya Farasya di dalam content YouTube-nya berbentuk nomina, verba dan ajektiva dan berbentuk frasa seperti frasa nomina, frasa verba dan frasa adjektiva. Kemudian struktur makna yang paling banyak muncul di dalam register komunitas beauty influencer Tasya Farasya adalah broadening, narrowing dan derivation, tetapi tidak ditemukan struktur makna yang berbentuk semantic shift dan metaphor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: language variation, register, beauty influencer: language variation, register, beauty influencer
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 28 Oct 2023 11:26
Last Modified: 28 Oct 2023 11:26
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5461

Actions (login required)

View Item View Item