Critical Discourse Analysis On L’oreal Beauty Product Advertisement in Youtube

Rini, Gigih Astania (2019) Critical Discourse Analysis On L’oreal Beauty Product Advertisement in Youtube. Skripsi thesis, Prodi Sastra Inggris.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (774kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang iklan produk kecantikan dari perspektif Analisis Wacana Kritis. Penelitian ini pada dasarnya fokus pada penggunaan bahasa, strategi dan ideologi yang digunakan oleh pengiklan produk untuk mempengaruhi dan menarik pembeli untuk membelinya. Ujaran adalah Wacana yang membuat iklan menarik dan mudah diingat. Analisis Wacana Kritis cenderung mengeksplorasi berbagai teori sosial yang menganalisis interaksi bahasa, kekuasaan dan ideologi dalam berbagai konteks. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan untuk mengumpulkan dan menganalisis data penelitian ini menggunakan teori dari Sudaryanto: metode observasi dan metode identitas. Analisis ini didasarkan pada model analisis wacana tiga dimensi Fairclough yaitu Teks, Praktik Wacana dan Praktik Sosial yang berfokus pada representasi dan dominasi. Penelitian ini menggunakan teori-teori dari Norman Firclough dan Van Dijk. Wacana iklan kecantikan yang dianalisis berasal dari merek L'Oreal. Selanjutnya, penelitian ini memberikan deskripsi dan interpretasi yang kaya tentang konsep ideologis kecantikan yang terjadi di masyarakat. Penelitian ini mengungkapkan bagaimana ideologi kecantikan dibangun dan diterapkan melalui iklan dengan stereotip bagaimana produk kecantikan identik dengan orang yang sempurna. Bahasa adalah wacana yang membuat iklan menarik dan mudah diingat, Kemudian, juga ditemukan bahwa ideologi konsep kecantikan sepertinya memiliki batasan bahwa seseorang dianggap cantik ketika menggunakan produk dan tampak seperti gambar pada produk iklan. Bahasa periklanan digunakan untuk mengendalikan pikiran orang. Di era ini, teknologi adalah sarana untuk mempromosikan suatu produk. tetapi, iklan bukan hanya sarana promosi, iklan juga menyampaikan bagaimana konsep kecantikan yang telah diterima oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Wacana Kritis, Bahasa, Ideologi, Produk Kecantikan, Iklan: Critical Discourse Analysis, Language, Ideology, Beauty Product, Advertisement.
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 28 Oct 2023 11:24
Last Modified: 28 Oct 2023 11:24
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5459

Actions (login required)

View Item View Item