Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di RSUD Embung Fatimah

Ningsih, Natalia Merycristia (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan Pasien BPJS Rawat Inap di RSUD Embung Fatimah. Skripsi thesis, Prodi Administrasi Negara.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (342kB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Kesehatan adalah suatu elemen paling penting bagi kehidupan setiap manusia. Seluruh negara mengakui hal tersebut, bahwa kesehatan adalah kunci utama untuk mencapai suatu kesejahteraan bagi seluruh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan terhadap Kepuasan Pasien BPJS rawat inap di RSUD Embung Fatimah. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner yang merupakan proses pengumpulan data dengan membuat pertanyaan atau pernyataan, kemudian di ajukan kepada responden. Jumlah responden sebanyak 30. Teknik pengolahan dan analisa data dalam penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif, analisis linear berganda, dan analisis koefisien determinasi. Penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independent yaitu Kualitas Pelayanan secara parsial berpengaruh positif terhadap Kepuasaan Pasien dengan hasil perhitungan t-hitung sebesar 2,221 > t-tabel dengan perolehan nilai sebesar 1,703. Hasil uji variabel Kinerja Karyawan juga menunjukkan hubungan positif dengan hasil perhitungan t-hitung sebesar 1,256 > t-tabel dengan nilai yang diperoleh sebesar 1,703. Variabel Kualitas Pelayanan dan Kinerja Karyawan secara simultan berpengaruh terhadap Kepuasaan Pasien dengan perolehan f-hitung sebesar 4,289. Dengan melihat penelitian ini diharapkan bagi pemimpin RSUD Embung Fatimah untuk selalu terbuka dan menerima setiap keluhan pasien atau masyarakat yang menggunakan jasa pelayanan dan memberikan solusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Kinerja, Kepuasaan, BPJS: Service Quality, Performance, Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4013 Manajemen Kontrol dan Kualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Administrasi Negara
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 28 Oct 2023 10:28
Last Modified: 28 Oct 2023 10:28
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5424

Actions (login required)

View Item View Item