Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Apotik Vitka Farma Batam

Sanjaya, Remi (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen Apotik Vitka Farma Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
coverv s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (455kB)
[img] Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Dengan adanya kemajuan ekonomi, berkembangnya pasar dan segmentasi pasar sekarang ini telah mengubah secara drastis minat beli konsumen dengan semakin banyaknya macam-macam pilihan produk jasa. Konsumen telah memiliki ekspektasi yang lebih besar dan lebih menantang daripada sebelumnya. Konsumen sekarang menginginkan produk yang berkualitas tinggi dan harganya bisa dijangkau oleh mereka. Perusahaan harus dapat merebut konsumen dari tangan pesaing dengan memberikan nilai yang lebih besar. Dalam dunia perdagangan, kepuasan konsumen merupakan ukuran keberhasilan dalam usaha pelayanan produk atau jasa. Konsumen merasa lebih puas manakala kebutuhan mereka dapat terpenuhi melebihi apa yang diharapkan. Jika harapan konsumen sebelum melakukan pembelian sesuai dengan hasil yang diterima setelah melakukan pembelian, maka kepuasan konsumen dapat dicapai. Kepuasan dan ketidakpuasan merupakan perbandingan antara harapan konsumen dan kenyataan dari kualitas pelayanan yang dirasakan oleh konsumen yang menjadi tujuan perusahaan agar selalu dipuaskan. Teknik pengolahan data yang digunakan ialah pengolahan data dengan perangkat lunak SPSS versi 22. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen Apotik Vitka Farma Batam. Metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan kriteria responden adalah pelanggan yang membeli obat menggunakan resep (Analisx) di Apotik Vitka Farma yaitu sebanyak 105 responden. Teknik pengambilan data menggunakan instrumen yang berbentuk kuesioner. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, regresi linear berganda, uji F, uji t, dan koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan Apotik Vitka Farma Batam dan Harga tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan Apotik Vitka Farma Batam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga dan Kepuasan Konsumen: Service Quality, Price and Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.4013 Manajemen Kontrol dan Kualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Susila Novmbrita
Date Deposited: 28 Oct 2023 05:12
Last Modified: 28 Oct 2023 05:12
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/5356

Actions (login required)

View Item View Item