Saputra, Dedi (2018) Sistem Pendukung Keputusan Mitra Usaha Berprestasi dengan Metode Analitycal Hierarchy Process pada PT Bandar Madani 165. Skripsi thesis, Prodi Sistem Informasi.
Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version Download (823kB) |
|
Text
bab IV s.d V.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (543kB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan sektor usaha di indoensia mulai terasa kelihatan sedikit demi sedikit, baik itu usaha berskala besar maupun usaha kecil. Perkembangan dan pergerakan sektor usaha ini dapat dilihat dari banyaknya orang yang berminat untuk memulai usaha berbasis elektronik bisnis (e-bisnis), salah satu usaha bisnis banyak diminati orang-orang yaitu penjualan tiket pesawat penerbangan. karena meningkatnya jumlah penerbangan salah satunya ke kota Batam, pada akhir-akhir ini yang membuat para pelaku usaha khususnya usaha biro perjalanan yang mengalami siklus perputaran Cash Flow usaha secara dinamis, dan harus dapat menangkap peluang perkembangan mobilitas penduduk tersebut. Seiring meningkatnya permintaan pemesanan tiket pesawat, semakin banyak juga orang yang tertarik untuk mencoba membuka usaha tersebut dengan menjadi mitra usaha agar memiliki akses keagenan yang langsung ke maskapai. PT Bandar Madani 165 salah satu agen biro perjalanan yang menyediakan akses untuk pendaftaran menjadi salah satu mitra usaha. PT Bandar Madani 165 memiliki lebih dari 200 mitra usaha yang tergabung mulai dari kota Batam dan luar kota. Tetapi dengan banyaknya mitra usaha, perusahaan masih belum mampu untuk memberikan apresiasi penghargaan kepada mitra usaha yang ikut memajukan proses bisnis yang berkembang pesat sampai saat ini. Maka dari itu diperlukan sebuah sistem pendukung keputusan yang akan menjadi proses pengambilan keputusan yang bertujuan untuk membantu pemilik (owner) atau menejer dalam menentukan pilihan yang akan dijadikan acuan untuk jangka pendek dan jangka panjang dan mendapatkan hasil dari keputusan. Penelitian menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP), dimana telah dipilih lima calon mitra usaha yang telah memenuhi kriteria. Teknik pengumpulandata menggunakan instrumen yang berbentuk angket (quisioner). Validitas diuji dengan menggunakan perhitungan manual menggunakan perhitungan matriks menggunakan Microsoft Excel. Hasil penelitian menemukan bahwa rangking tertinggi dimiliki oleh alternatif TT travel (32%), posisi kedua Celebes (22%), posisi ketiga Putri Persada (17%), posisi keempat Lucia (15%), dan posisi kelima Filkana (11%)
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pendukung Keputusan,Mitra Usaha Berprestasi,Metode Analytical Hierarchy Process (AHP): Decision Supporting System,Achievment Of the Business Partner, Analytical Hierarchy Process (AHP) Method |
Subjects: | 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 620-629 Ilmu Teknik dan yang Berkaitan > 620.004 Teknik Desain, Pengujian, Pengukuran, Kualitas, Perawatan, Pemeliharaan, Perbaikan |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Susila Novmbrita |
Date Deposited: | 12 Oct 2023 03:40 |
Last Modified: | 12 Oct 2023 03:40 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4441 |
Actions (login required)
View Item |