Pengaruh Promosi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Punggur Batam

Dachi, Eberlin (2018) Pengaruh Promosi dan Fasilitas terhadap Kepuasan Nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Punggur Batam. Skripsi thesis, Prodi Manajemen.

[img] Text
cover s.d bab III.pdf - Submitted Version

Download (13MB)
[img] Text
bab IV s.d bab V.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Era globalisasi sekarang ini, dalam dunia bisnis terjadi persaingan ketat, apalagi perusahaan dalam bidang produk atau jasa. Promosi dan fasilitas sering menjadi masalah yang dihadapi oleh PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Punggur Batam. Tidak dipungkiri bahwa promosi dan fasilitas merupakan salah satu yang bisa meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan fasilitas terhadap kepuasan nasabah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh, dengan metode pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 142 responden yang menjadikan seluruh nasabah pada PT Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Cabang Punggur Batam sebagai responden. Selanjutnya data yang telah terkumpul dalam penelitian ini dengan menggunakan bantuan alat hitung SPSS (Statistic Product and Service Solution) versi 20. Hasil dari analisis regresi linear berganda menunjukkan persamaan sebagai berikut: (Y = 5,410 + 0,308 X1 + 0,249 X2). Nilai R Square (R2 ) yang dihasilkan sebesar 0,314 atau sebesar 31,4% dan nilai uji Fhitung sebesar 31,837 lebih besar dari Ftabel sebesar 3,06 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan menerima Ha. Maka dapat disimpulkan bahwa variabel promosi dan variabel fasilitas, secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Fasilitas, Kepuasan Nasabah: Promotion, Facilities, Customer Satisfaction
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.83 Riset Penelitian Pemasaran, Analisis Pemasaran
600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650-659 Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > 658.8342 Perilaku Konsumen
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Manajemen
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 09 Oct 2023 07:44
Last Modified: 09 Oct 2023 07:44
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/4201

Actions (login required)

View Item View Item