Perancangan Augmented Reality sebagai Pembelajaran Anatomi Manusia Berbasis Android

Apriyanto, Apriyanto (2023) Perancangan Augmented Reality sebagai Pembelajaran Anatomi Manusia Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.

[img] Text
cover.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab I.pdf - Submitted Version

Download (2MB)
[img] Text
bab II.pdf - Submitted Version

Download (10MB)
[img] Text
bab III.pdf - Submitted Version

Download (4MB)
[img] Text
bab IV.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
bab V.pdf - Submitted Version

Download (498kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version

Download (1MB)
[img] Text
lampiran.pdf - Submitted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran merupakan metode yang digunakan oleh guru untuk memberikan pemahaman bagi siswa. Metode yang sering digunakan adalah cerama, diskusi hingga penyampaian materi melalui buku dan presentasi. Penggunaan media yang baik berdampak besar dalam keberhasilan guru untuk mendidik siswanya. Untuk itu adanya tantangan yang harus dilalui oleh guru yaitu memilih media yang tepat. Materi anatomi manusia merupakan materi yang sulit dipahami jika menggunakan buku dan presentasi sebagai pedoman. Untuk itu pemanfaatan augmented reality dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Augmented Reality merupakan media yang menghubungkan antara dunia maya dengan dunia nyata. Augmented Reality digunakan untuk memudahkan pembelajaran dengan memberikan informasi secara virtual, tidak hanya digunakan untuk lingkungan, tetapi mengabungkan maya dua dimensi atau tiga dimensi kemudian diproyeksikan ke dalam suatu objek dalam waktu nyata. Augmented reality menggunakan kamera secara real time dengan menangkap objek kemudian diproses menjadi model yang digunakan sebagai proses pembelajaran. Augmented Reality menggunakan metode Marker Based Tracking berbasis android. Perancangan aplikasi menggunakan metode waterfall (System Developmnet life cycle) melalui berberapa tahap hingga penerapannya didalam kelas. Pembuatan aplikasi menggunakan tools seperti Unity, Vuforia, Blender. Aplikasi augmented reality memiliki 7 objek 3 dimensi dengan fitur seperti menampilkan objek, objek berotasi hingga terdapat fitur yang memberikan informasi berupa teks dan suara. Penerapan aplikasi ini dilakukan didalam kelas, sehingga media ini membantu guru untuk memberikan pemahaman yang lebih interaktif dan menyenangkan. Hasil dari pengambilan kuisioner adalah 80,41% dengan kategori persentasi adalah sangat setuju.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Augmented Reality, Unity, Android, Vuforia, Marker Based Tracking: Augmented Reality, Unity, Android, Vuforia, Marker Based Tracking
Subjects: 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.43 Sistem Operasi
Divisions: Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Lia Priscilla
Date Deposited: 30 May 2023 04:34
Last Modified: 29 Jun 2024 02:55
URI: http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3081

Actions (login required)

View Item View Item