Andriano, Andriano (2023) Implementasi Augmented Reality sebagai Media Pengenalan Sparepart Motor Berbasis Android. Skripsi thesis, Prodi Teknik Infomatika.
Text
cover.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab I.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab II.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
|
Text
bab III.pdf - Submitted Version Download (2MB) |
|
Text
bab IV.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
bab V.pdf - Submitted Version Download (388kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf - Submitted Version Download (663kB) |
|
Text
lampiran.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi Augmented Reality mengutip masukan teks, picture, video, serta animasi agar dapat ditampilkan kedalam bentuk 3D secara virtual dengan kondisi dan waktu yang nyata. Markerless saat ini menjadi pembaruan akan metode deteksi Based Tracking pada teknologi AR, kelebihan dari metode deteksi ini merupakan marker yang di implementasikan tidak diharuskan untuk mempunyai frame tertentu seperti barcode label dalam memaparkan objek secara virtual. Sparepart dalam kendaraan bermotor matic (scoopy) sangatlah bervariasi. Setiap komponennya tersusun dari rancangan sparepart sehingga berbentuk sepeda motor yang kompleks, karena jumlah sparepart yang banyak, maka akan berdampak pada pengguna yang kurang paham dengan fungsi maupun kegunaan dari sparepart tersebut. Sehingga, perlu adanya suatu materi yang mengarah pada fungsi dan kegunaannya. Augmented Reality ini tujuannya untuk memudahkan dalam memberikan suatu informasi dengan menggambarkan suatu objek yang berbentuk 3D. Kerjasama Augemented Reality dalam melakukan pengenalan suatuobjek yang membuat berbagai aplikasi yang baru guna untuk mengembangkan sebuah keefektifan serta memiliki daya minat yang mudah digunakan. Adanya media pengenalan 3D ini bisa menggantikan media pengenalan yang dianggap masih manual seperti poster dan katalog, media 3D ini hampir menyerupai objek yang sesusungguhnya. Metode yang digunakan adalah markerless. Aplikasi yang dihasilkan merupakan aplikasi Augmented Reality dengan memakai objeksparepart motor sebagai marker yang akan di perkenalkan dalam aplikasi ini dengan bentuk 3D. Dalam menerapkan segi realitis suatu teknologi ini hampir menyerupai lingkungan dan kondisi yang sebenarnya sehingga dengan adanya teknologi model AR proses dalam pengenalan sparepart motor jauh sangat efektif dan efisien dan hasil nya sangat lengkap
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Augmented Reality, Sparepart Motor, Vuforia, Unity Engine.: ugmented Reality, Motorcycle Sparepart, Vuforia, Unity Engin |
Subjects: | 000 Karya Umum > 000-009 Ilmu Umum dan Komputer > 005.43 Sistem Operasi |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Lia Priscilla |
Date Deposited: | 30 May 2023 04:30 |
Last Modified: | 29 Jun 2024 02:42 |
URI: | http://repository.upbatam.ac.id/id/eprint/3080 |
Actions (login required)
View Item |